‘Mobilemoon’, Berlibur Tanpa Teman Bukan Masalah

Ilustrasi menggunakan aplikasi maps saat travelling. (Foto: Shutterstock)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Jalan-jalan seorang diri tentu sangat menarik untuk dicoba, terutama untuk anak-anak muda yang terkadang memiliki kesulitan dalam membuat rencana liburan dengan teman sepermainan. Salah satu perusahaan perjalanan yang bernama Expedia menamai fenomena ini sebagai mobilemoon, yang artinya melakukan wisata seorang diri dengan mengandalkan gawai pintar.

Dikutip dari Travelnoire.com, perusahaan ini juga menampilkan hasil survei bahwa 33% wisatawan dari Amerika lebih memilih berlibur dengan gawai mereka dibanding teman perjalanan.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari mobilemoon, seperti bertemu orang-orang baru, beristirahat sejenak dari kehidupan dan pergaulan pekerjaan, meningkatkan kepercayaan diri, serta menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Hanya berbekal aplikasi navigasi, aplikasi penerjemah, online travel agent, aplikasi pembayaran, dan penyimpanan data berbasis cloud di gawai pintar, kegiatan ini tentu akan mengantarkan wisatawan keluar dari zona nyaman dan merasakan pengalaman-pengalaman baru.

Namun tentu akan banyak sekali kesulitan dan rintangan-rintangan yang akan dihadapi ketika mencoba mobilemoon, apa saja sih rintangan dalam menjalankan liburan seorang diri ?

  1. Kehabisan daya dan charger rusak

Daya gawai adalah hal yang cukup krusial di dalam mobilemoon ini, karena segala informasi, bahkan tiket kendaraan wisatawan semua akan hilang ketika gawai kehabisan daya dan mati. Belum lagi kalau charger yang dibawa rusak atau hilang dan semua itu terjadi pada malam hari saat toko-toko sudah tutup.

  1. Kesulitan mendapat sinyal

Mengunjungi tempat baru, wisatawan perlu menanyakan provider apa yang bisa digunakan di tempat yang ingin mereka jelajahi karena provider yang digunakan belum tentu bekerja di setiap daerah.

  1. Tidak ada yang mengingatkan

Ketika sendiri dan sudah menyiapkan rencana, wisatawan harus memastikan bahwa di dalam jadwal yang mereka buat ada waktu untuk makan dan beristirahat. Dikhawatirkan ketika sedang berada dalam euforia, wisatawan sangat mungkin melupakan hal-hal yang penting bagi tubuhnya.

Mobilemoon memang membuat wisatawan lebih mandiri, tetapi fenomena ini merefleksikan bahwa kita memiliki generasi  yang sangat bergantung pada teknologi.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: Shutterstock

Sumber:  kumparan.com, travelnoire.com, tempo.co,  newsroom.expedia.com