Tiket KA Liburan Natal dan Tahun Baru Mulai Dijual 19 November

Kereta Api Indonesia (Foto: kumparan.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Menjelang liburan Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan mulai menjual tiket perjalanan pada 19 November 2019. Terdapat 250.012 kursi yang dijual per harinya pada masa liburan akhir tahun 2019 ini. Jumlah ini meningkat 4% dari jumlah kursi yang dijual pada periode sama di tahun lalu.

PT KAI memperkirakan akan ada 5,9 juta orang yang menggunakan jasa transportasi tersebut selama liburan kali ini. Masa liburan Nataru ditetapkan mulai dari 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Direktur PT KAI Edi Sukmoro menyampaikan dalam jumpa persnya bahwa tanggal 22 Desember dan 29 Desember akan menjadi tanggal favorit bagi masyarakat untuk menikmati layanan kereta api.

Perkiraan kenaikan jumlah penumpang ini juga diimbangi oleh jumlah kereta yang akan disediakan untuk melayani para pemudik. PT KAI akan menyediakan 374 kereta reguler yang naik dari 346 kereta reguler yang digunakan tahun lalu. Selain itu, untuk mengantisipasi kenaikan penumpang akan ada 30 kereta khusus Nataru yang tiketnya bisa didapatkan pada 25 November 2019. Selain itu, PT KAI juga menjamin tidak akan ada kenaikan tarif pada perjalanan kereta api di masa Nataru ini.

“Ada 6 perjalanan yang ditambah dan kita juga sudah memperbaiki kereta yang aslinya ekonomi dirubah memiliki fasilitas eksekutif,” ujar Edi.

Selain menambah jumlah kereta api, PT KAI juga sudah mengantisipasi musim hujan dengan menambah Petugas Penilik Jalan (PPJ). Total akan ada 1.740 petugas yang bersiap mengamankan perjalanan kereta api di Sumatera dan Jawa. Personel keamanan yang total berjumlah 11.191 personel juga dikerahkan untuk memastikan pengguna jasa kereta api semakin nyaman.

Untuk mendapatkan tiket kereta api pada masa Nataru, masyarakat bisa langsung mengakses aplikasi KAI Access, situs kai.id, atau kanal-kanal lainnya yang menjadi agen resmi penjualan tiket kereta api. Berbeda, kereta api lokal baru bisa dipesan mulai H-7 keberangkatan di tempat penjualan tiket yang sama.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Sumber: kompas.com, suara.com, liputan6.com

Foto: kumparan.com