Tips Staycation Seru, Sebagai Alternatif Liburan di Masa Pandemi

ilustrasi staycation
Liburan asyik dengan orang-orang terdekat tanpa harus kemana-mana dengan staycation. (foto: Pinterest/@alexiaelkik)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Liburan akhir tahun semakin dekat. Apakah Ultimates sudah punya rencana liburan? Atau masih gelisah menentukan cara liburan yang aman di masa pandemi ini? Kalau masih bingung, staycation bisa jadi alternatif cara asyik menghabiskan liburan akhir tahun 2020 ini.

Staycation atau Holistay adalah istilah yang merujuk pada kegiatan rekreasi tanpa pergi kemana-mana. Staycation sebenarnya bisa dilakukan di mana saja, mulai dari menyewa villa atau hotel, menginap di rumah teman atau saudara, atau bahkan di rumah saja.

Nah, berikut ini beberapa tips membuat staycation kalian lebih seru dan tidak membosankan.

Ajak Keluarga atau Teman Terdekat

Memilih dengan siapa kalian akan menghabiskan waktu adalah faktor utama yang menentukan seberapa seru pengalaman staycation kalian. Dengan memilih keluarga atau sahabat, Ultimates tidak perlu lagi canggung dan ‘jaga image’ di depan mereka. Selain itu, dengan staycation bersama orang terdekat, kalian bisa saling curhat dan berbagi secara lebih nyaman.

Siapkan Hiburan dan Permainan

Sebelum melakukan liburan ini, sebaiknya Ultimates membuat perencanaan terlebih dahulu untuk aktivitas-aktivitas apa yang akan kalian lakukan bersama orang terdekat nantinya.  Ultimates bisa menyiapkan permainan board-game atau mini-game, film favorit,  atau bisa juga memasak bersama.

Kurangi Penggunaan Gawai

Selama staycation, habiskanlah waktu kalian untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan. Terkadang hadirnya gawai justru malah mengganggu quality time kalian bersama orang-orang terdekat. Jadi, ada baiknya Ultimates mengurangi penggunaan gawai dan lebih fokus menikmati waktu liburan yang kalian punya.

 

Jelajahi Lingkungan Sekitar Kalian

Tips yang terakhir adalah menjelajah lingkungan sekitar tempat kalian menginap. Misalnya jika Ultimates sedang staycation di villa di daerah pedesaan, kalian bisa jalan-jalan ke sekitar desa tersebut. Jika menginap di hotel, kalian bisa mencoba fasilitas-fasilitas yang dimiliki hotel tersebut, seperti ruang fitness, kolam renang, ataupun rooftop.

Itu tadi beberapa tips yang bisa membuat liburan di masa pandemi ini tidak kalah seru dibandingkan dengan liburan-liburan yang biasanya. Namun, Ultimates jangan sampai lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, ya!

Selamat berlibur!

Penulis: Reynaldy Michael Yacob
Editor: Abel Pramudya
Foto: Pinterest