5 Cara Tetap Fit di Musim Pancaroba

Cara menjaga kesehatan tubuh saat musim pancaroba datang. (Foto: timesindonesia.co.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Musim pancaroba seringkali membuat tubuh menjadi lebih cepat sakit. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan kita agar tetap beraktivitas dengan baik.

Musim pancaroba adalah musim mulai berubah dari musim kemarau menjadi musim hujan. Pada musim ini virus dan bakteri berkembang dengan cepat.

 Cuaca tidak menentu biasanya siang sangat panas dan malamnya turun hujan membuat tubuh harus menyesuaikan diri. Orang-orang juga mudah terkena penyakit seperti flu, batuk, diare, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kesehatan harus dijaga agar tidak mudah sakit. Berikut cara untuk menjaga kesehatan saat musim pancaroba.

  1. Minum air putih yang cukup

Jangan lupa untuk minum delapan gelas sehari, Ultimates. Air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah infeksi. Selain itu, air putih juga dapat membuang racun dari tubuh dan menyerap nutrisi.

  1. Rutin olahraga

Olahraga ringan cukup untuk membuat tubuh tetap fit. Sehari hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk berolahraga. Dengan banyak bergerak, tubuh tidak mudah letih. Selain itu, daya tahan tubuh menjadi terjaga.

  1. Pakai pakaian yang tepat

Cuaca memang mudah berubah-ubah. Siang hari bisa sangat terik dan panas, ketika malam datang bisa sangat dingin dan terkadang turun hujan. Namun, pakaian tetap harus sesuai. Gunakan pakaian sesuai cuaca yang sedang berlangsung atau setidaknya bawa baju hangat seperti jaket. Hal ini dapat membantu tubuh terasa hangat jika tiba-tiba cuaca di siang hari dingin dan berangin.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Makanan bergizi seperti buah dan sayuran dapat memaksimalkan tubuh dalam melawan virus dan bakteri yang masuk. Pilihan makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang, dan telur yang kaya akan protein juga dapat membuat tubuh tetap kuat. Konsumsi juga makanan hangat untuk membantu menghangatkan badan saat hujan.

  1. Istirahat yang cukup

Kebiasaan begadang harus dikurangi. Cukupkan waktu tidurmu delapan jam sehari dan jangan berlebih. Tidur cukup dapat membantu mengembalikan stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Namun, jika berlebihan otot tubuh akan terasa lemas dan kaku serta pusing saat terlalu banyak tidur.

Itulah cara-cara merawat tubuh saat musim pancaroba. Ingat selalu untuk menjaga kesehatan tubuh sebelum terserang penyakit yang dapat mengganggu aktivitas. Jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin.

 

Penulis: Maytiska Omar 

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: timesindonesia.co.id

Sumber: cosmopolitan.co.id, popular-world.com, bidanku.com, halodoc.com