5 Makanan Sehari-hari yang Mampu Menurunkan Berat Badan

5 Makanan Sehari-hari yang Membantu Membakar Lemak di Tubuh (ULTIMAGZ)
Ilustrasi makanan sehat untuk tubuh (ULTIMAGZ/ Jessica Gabriela)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Saat ini, sudah banyak obat dan suplemen untuk menurunkan berat badan. Namun, belum tentu suplemen tersebut efektif dan aman bagi tubuh. Untungnya, beberapa makanan dan minuman dapat dikonsumsi sehari-hari untuk membakar lemak pada tubuh dan meningkatkan metabolisme sehingga mengurangi rasa lapar. 

Makanan yang direkomendasikan adalah makanan alami yang tinggi kandungan probiotik karena dapat melancarkan sistem pencernaan,meningkatkan metabolisme, dan membuang zat-zat berlebih dalam tubuh, salah satunya lemak. 

Melansir dari kumparan.com, penelitian The British Journal of Nutrition pada 2013 membuktikan adanya penurunan jumlah lemak sebenar 8.5 persen karena responden mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik selama 12 minggu.

Ini dia lima makanan yang bisa Ultimates konsumsi setiap harinya untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

  1. Telur
    Telur menjadi salah satu makanan yang baik untuk menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian NIH, sarapan berbahan dasar telur dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang selama beberapa jam. Makanan ini juga memiliki sumber protein berkualitas tinggi. Alasan makanan mungil ini bisa mengenyangkan karena peningkatan pembakaran kalori yang terjadi selama pencernaan protein. Ultimates dapat makan tiga telur dalam seminggu untuk membantu menurunkan berat badan.
  2. Tempe
    Lauk ini menjadi pilihan lain untuk menurunkan berat badan. Proses fermentasi pada tempe mampu menurunkan kadar asam fitat. Dengan menurunnya kandungan tersebut, tubuh bisa bekerja secara maksimal untuk menyerap mineral. Fermentasi juga membantu tempe mendapatkan probiotik untuk melancarkan sistem pencernaan.
  3. Buah-buahan
    Tidak perlu diragukan lagi, buah-buahan memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah pembakar lemak alami. Buah yang dianjurkan adalah belimbing. Hal ini karena serat pada belimbing akan mempercepat metabolisme tubuh dan membuang lemak jahat.
  4. Teh Hijau
    Selain makanan, Ultimates dapat mengonsumsi teh hijau untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari kompas.com, teh hijau dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan melindungi jenis kanker tertentu. Selain itu, teh hijau juga mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu menghilangkan lemak pada perut. Namun, efek teh hijau mungkin akan berbeda di setiap orang. Hal ini tergantung jumlah yang dikonsumsi. Ultimates dapat mengonsumsi empat cangkir teh hijau dalam sehari. 
  5. Whey protein
    Minuman satu itu sudah terbukti mampu membesarkan otot dikombinasikan dengan olahraga. Whey protein juga bisa menahan nafsu makan dibandingkan protein penunjang lainnya. Manfaat lain dari whey protein adalah meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan bagi mereka yang obesitas.

Itu dia lima makanan yang menjadi rekomendasi untuk Ultimates yang ingin menurunkan berat badan melalui makanan sehari-hari. Jadi, jangan lupa untuk tetap jaga kesehatan ya, Ultimates!

 

Penulis: Maria Katarina

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: Jessica Gabriela

Sumber: kompas.com, kumparan.com, hellosehat.com