5 Tips Praktis Atasi Insomnia

Share:

Serpong, ULTIMAGZ.com РInsomnia atau kesulitan tidur kerap kali menjadi masalah yang cukup menganggu. Apalagi bagi remaja yang masih membutuhkan tidur yang cukup untuk menjaga kebugaran tubuh. Akibat insomnia, jam malam yang seharusnya dapat dimanfaatkan untuk tidur malah dihabiskan dengan terjaga dan melakukan hal-hal yang kurang produktif, sehingga keesokan harinya tubuh terasa letih dan mengantuk. Nah! Oleh karena itu, lima tips berikut cocok untuk dipraktikkan bagi kalian yang mengalami kesulitan tidur.

  1. Menggelapkan Ruangan
    Ruang tidur yang gelap atau dengan pencahayaan yang redup akan membuat tubuh lebih rileks dan terasa nyaman. Jika kalian kurang suka dengan ruangan gelap, gunakan lampu tidur dengan cahaya yang sedang agar ruangan tidak terlalu terang. Penting juga untuk menjaga kamar agar tetap bersih dan tidak terlalu berisik
  2. Memasang Aromaterapi
    Menggunakan aromaterapi di kamar tidur dapat menjadi alternatif yang boleh dicoba untuk membuat suasana kamar lebih nyaman dan menenangkan. Pilih wangi yang lembut dan alami serta tidak terlalu menyengat. Perhatikan juga apakah kandungan dalam aromaterapi yang digunakan aman bagi kesehatan atau tidak.
  3. Menjaga Kebiasaan dan Pola Makan
    Selain membuat kamar lebih nyaman dan membuat suasana yang menenangkan, kebiasaan sehari-hari hendaknya juga diperhatikan. Usahakan untuk menghindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein ataupun minuman berenergi sejak sore hari. Lakukan relaksasi atau yoga sebagai bagian baru dari rutinitas hidup untuk membuat tubuh dan pikiran lebih rileks.
  4. Mandi Air Hangat
    Jika memungkinkan, basuhlah tubuh dengan air hangat beberapa jam sebelum waktu tidur. Mandi air hangat dipercaya dapat mengatasi insomnia. Tambahkan minyak Atsiri (dikenal juga sebagai minyak aromatik) ke dalam air mandi untuk menambah efek menenangkan.
  5. Minum Susu Hangat
    Segelas susu hangat yang diminum satu jam sebelum tidur akan menambah perasaan tenang dan mengantuk. Susu hangat juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga kalian bisa tidur lebih nyenyak.

Itu dia lima cara yang dapat Ultimates coba terapkan di rumah untuk mengatasi insomnia. Semoga berhasil dan selamat tidur!

 

Penulis: Monica Devi Kristiadi
Editor: Annisa Meidiana
Sumber: health.kompas.com, lifestyle.merahputih.com