BTS Sampaikan Pidato Inspiratif untuk Anak Muda di PBB

Boyband K-Pop Bangtan Sonyeondan, atau BTS, membawakan pidato pada Majelis Umum ke-73 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, AS, Senin (24/09/18). Majelis Umum ini juga bertepatan dengan peluncuran resmi Generation Unlimited, program UNICEF yang bertujuan untuk memberikan akses pendidikan dan pekerjaan untuk anak muda. (Sumber foto: kpopchart.net)
Share:

NEW YORK, ULTIMAGZ.com — Boyband asal Korea Selatan Bangtan Sonyeondan, atau dikenal sebagai BTS, berhasil mencetak sejarah sebagai grup K-Pop pertama yang hadir di Majelis Umum ke-73 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Senin (24/09/18). Bertepatan dengan peluncuran resmi kemitraan global UNICEF bertajuk Generation Unlimited, mereka diberi kesempatan untuk membawakan sebuah pidato.

Generation Unlimited sendiri merupakan sebuah program yang ditujukan kepada para anak muda, khususnya bagi usia 10 hingga 24 tahun, untuk mendapatkan edukasi, pelatihan, dan pekerjaan yang sesuai pada tahun 2030 mendatang. Peluncuran resmi ini juga turut dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Utusan Pemuda PBB Jayathma Wickramanayake, Presiden Rwanda Paul Kagame, Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore, dan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim.

Diundang sebagai duta goodwill UNICEF, BTS membawakan sebuah pidato yang diwakilkan oleh salah satu anggota dan pemimpin dari BTS, Kim Nam-joon atau yang akrab disapa RM, yang menyemangatkan anak muda.

Pidato dibuka dengan perkenalan dan penyampaian pesan kampanye Love Yourself, yang merupakan hasil kolaborasi dari grup naungan Big Hit Entertainment ini dengan UNICEF. Adapun pesan yang ingin mereka refleksikan melalui kampanye yang diluncurkan pada November 2017 silam tersebut adalah pentingnya untuk mencintai diri sendiri, terutama di kalangan generasi muda.

“November lalu, BTS meluncurkan kampanye ‘Love Myself’ bersama UNICEF untuk membangun kepercayaan kami bahwa ‘cinta sejati pertama kali dimulai dengan mencintai diri sendiri’, ” pungkas RM.

Dalam pidatonya, pria kelahiran Ilsan, Korea Selatan ini sempat menyinggung tentang kehidupan pribadinya dan bagaimana ia menjadi kurang percaya diri karena kekhawatirannya terhadap pendapat orang lain tentang dirinya. Namun, dibalik kecemasannya itu, musik pun telah menjadi jalan keluar bagi permasalahan yang ia alami saat itu.

“Aku punya satu tempat perlindungan, dan itu adalah musik,” ujarnya. “Ada suara kecil dalam diriku yang berkata, ‘bangun dan dengarkan dirimu sendiri!’ Tetapi butuh waktu yang lama untuk mendengar bahwa musik memanggil nama saya,”

Melalui cerita ini, RM mendorong para kaum muda untuk selalu menerima segala kekurangan atau kesalahan mereka karena pada akhirnya, hal tersebutlah yang merupakan bagian dari diri mereka sendiri yang dapat memotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

“Kami telah belajar untuk mencintai diri sendiri, jadi sekarang saya mendorong Anda untuk ‘berbicara untuk diri sendiri’. Tidak peduli siapa Anda, dari mana Anda berasal, warna kulit Anda, identitas gender: temukan diri Anda sendiri,”

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: kpopchart.net

Sumber: cnn.com, kompas.com, time.com, soompi.com