Pesan Pendidikan Bagi Perempuan dalam Beauty and The Beast

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Setelah sukses dengan film adaptasi seperti Maleficent dan The Jungle Book, The Walt Disney Studio memproduksi film terbarunya, Beauty and The Beast yang rilis pada Jumat (17/03/17) lalu. Membawa nama besar seperti Emma Watson, Dan Stevens, dan Luke Evans, sekilas film ini hanya menampakkan cinta ala negeri dongeng saja, namun Disney mengemasnya dengan memberikan sentuhan pesan yang menarik.

Dalam film remake ini, Emma Watson sebagai pemeran Belle memiliki peran besar untuk membangun karakter bold  agar menjadi panutan untuk perempuan di seluruh dunia. Selain itu, film ini pun sekaligus memberikan pandangan akan pentingnya pendidikan untuk seorang perempuan. Sayangnya, masyarakat di masa revolusi Perancis pada masa itu memiliki pandangan bahwa perempuan tidak membutuhkan pendidikan. mereka hanya akan berakhir di balik dapur. Terbukti ketika Belle mendapat amuk dari warga desa setelah mengajarkan seorang gadis kecil untuk belajar membaca.

“(Buku) sangat powerful dan mereka memiliki kemampuan untuk mengubah hidupmu dan cara pandangmu, dan cerita ini benar-benar menyampaikan, sifat alami sebuah buku dan kemampuannya untuk membawa dan memberdayakan kamu,” ungkap Emma Watson seperti dilansir dari Mashable.com

Emma juga menambahkan, di dunia ini mungkin terdapat sekitar lebih dari 80 juta perempuan yang tidak bisa mengenyam pendidikan karena masalah gender, tentu ini menjadi hal yang memprihatinkan.

Tak hanya film Beauty and The Beast saja yang membawa pesan-pesan penting bagi penontonnya. Film garapan Disney lainnya seperti Frozen, The Lion King, Zootopia, Toy Story, dan lain-lain, pun juga memiliki pesan-pesan yang baik.

 

 

 

Penulis: Siti Rinda Rufaidah

Editor: Nathania Zevwied Pessak

Foto: wearemoviegeeks.com

Sumber: mashable.com, cbsnews.com