Film Pendek “Kado” Berprestasi di Venice International Film Festival 2018

Poster Film Pendek Karya Aditya Ahmad "Kado". (sumber: mediaindonesia.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Menjadi wakil Indonesia satu-satunya, film pendek bertajuk Kado membawa pulang penghargaan Best Short Film dalam Orizzonti Venice International Film Festival 2018 di Palazzo del Cinema, Venezia, Lido, Italia, pada Sabtu (08/09/18). Film yang merupakan karya sineas muda Aditya Ahmad ini berhasil menyingkirkan 12 film pendek lainnya.

Kado diangkat dari kisah hidup Isfi (Isfira Febiana), teman sang sutradara yang sudah beranjak remaja. Dalam film tersebut, diceritakan Isfi yang sangat semangat menyambut ulang tahun sahabatnya, Nita (Anita Aqshary Thamrin). Ia menyiapkan sebuah kado istimewa untuk Nita di kamarnya. Pergulatan seorang remaja yang mencari jati diri melekat kuat dalam film berdurasi 15 menit ini.

“Saya bisa merasakan betul keresahan Isfi yang selalu merasa beda atau dibedakan di lingkungannya. Saya ingin bercerita tentang pergulatan remaja seperti Isfi dalam menemukan identitasnya,” kata Aditya, dikutip dari kompas.com.

Kesuksesan film Kado tidak lepas dari campur tangan dua sutradara Indonesia, yakni Riri Riza dan Mira Lesmana.

“Ide cerita dan persoalan yang ditawarkan Kado sangat relevan, universal, sekaligus sangat lokal,” ujar Riri Riza dikutip dari cnnindonesia.com.

Mira Lesmana mengumumkan kemenangan film yang diproduksi oleh Miles Film ini melalui akun Instagram-nya. Dalam caption unggahannya pada Minggu (09/09/18), ia mengungkap dirinya bangga dengan prestasi yang diraih oleh film pendek Kado.

 

“Kami senang membawa berita film pendek Kado karya Aditya Ahmad @ditsmad – produksi Miles Films @MilesFilms memenangkan film pendek terbaik di Orizzonti – 75th Venice International Film Festival 2018. Selamat @ditsmad, kami bangga padamu! Selamat juga untuk semua pemain dan kru,” tulis Mira.

Ini bukan kali pertama Aditya memenangi penghargaan film internasional. Selain prestasi di atas, pria berusia 29 tahun ini juga pernah mendapat penghargaan Sutradara Film Pendek Asia Tenggara Terbaik di Film Internasional Singapura 2014. Karya tugas akhirnya saat lulus dari Institut Kesenian Makassar yaitu Sepatu Baru juga sempat meraih penghargaan Special Mention kategori Generation Kplus di Berlin Internasional Film Festival 2014.

 

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor:  Geofanni Nerissa Arviana

Sumber: kompas.com, cnnindonesia.com, liputan6.com, instagram.com

Foto: mediaindonesia.com