YouTube Rewind 2020 Ditiadakan

Youtube Rewind 2020
Ilustrasi YouTube (Foto: needpix.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Situs berbagi video YouTube mengumumkan akan meniadakan Youtube Rewind 2020. Hal ini disampaikan melalui akun Twitter resmi Youtube pada Jumat (13/10/20).

“Kami semua tahu bahwa ada banyak hal baik yang terjadi pada 2020 diciptakan oleh kalian semua. Kalian telah menemukan cara untuk membahagiakan orang lain, membantu mereka mengatasi masalah, dan membuat mereka tertawa. Kalian telah membuat sebuah tahun sulit menjadi lebih baik. Terima kasih telah membuat perubahan,” ungkap pernyataan resmi YouTube.

Di dalam pernyataan yang sama, pihak perusahaan YouTube juga mengatakan bagaimana 2020 terasa berbeda. Menurut mereka rasanya tidak sesuai jika ingin meneruskan.

YouTube Rewind adalah tradisi yang dilakukan oleh situs tersebut sejak akhir tahun 2010. Di dalamnya berisi kilas balik dari tren, pembuat video, dan video-video terbaik dalam satu tahun terakhir. Tahun ini adalah tahun pertamanya absen.

Meskipun kerap diantisipasi, YouTube Rewind tidak selalu mendapatkan respon baik. YouTube Rewind 2018 mendapatkan jumlah dislikes terbanyak sepanjang masa dengan jumlah 18,5 juta dislike. Hal ini karena dianggap terlalu menyoroti selebriti internet daripada pembuat video. Sementara untuk tahun berikutnya, YouTube Rewind 2019 dikritik hanya menggunakan data video teratas dari November 2019. Padahal, diunggah pada Desember 2019.

Akibat pandemi, YouTube telah melaporkan ada peningkatan penggunaan. Hal ini karena semua orang yang berada di rumah menghabiskan waktu menonton video. Selain itu, sistem siaran langsung juga meningkat di YouTube serta media sosial lain seperti Facebook dan Twitch.

Sejauh ini, YouTube belum memastikan apakah YouTube Rewind akan kembali pada 2021.

Penulis: Nadia Indrawinata

Editor: Xena Olivia

Foto: needpix.com

Sumber: hai.grid.id, indianexpress.com, theverge.com, idntimes.com, voi.id