Empat Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi olahraga di rumah. (ULTIMAGZ/Felisitasya Manukbua)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Semenjak COVID-19 ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, pemerintah memberikan kebijakan agar masyarakat melakukan kegiatan di rumah saja.  Salah satu faktor utama yang membuat tidak mudah terpapar virus adalah tubuh dalam keadaan fit dan sehat.  Olahraga teratur dapat menjadi cara untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan daya tahan tubuh. Tidak harus melakukannya di luar rumah, beberapa jenis olahraga bisa dilakukan di rumah. Berikut  empat jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah: 

  1. Yoga

Selain menjaga kesehatan fisik, yoga juga baik untuk kesehatan mental, lho.  Ultimates tidak perlu cemas karena terlalu lama berdiam diri dirumah. Pada olahraga ini Ultimates hanya membutuhkan pakaian yang nyaman, matras olahraga, dan musik yang tenang. Tidak perlu bingung jika tidak memiliki instruktur, karena Ultimates bisa melihat gerakannnya melalui video yang diunggah di YouTube.

  1. Lompat Tali

Lompat tali merupakan termasuk ke dalam kelompok olahraga plyometric. Olahraga ini bisa dilakukan dari anak-anak hingga dewasa. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan berdua atau lebih hanya dengan satu alat lompat tali.  Olahraga lompat tali juga memiliki beberapa manfaat seperti, melatih kesehatan jantung, kepadatan tulang, koordinasi tubuh, dan menurunkan berat badan. Bermain lomat tali dalam 20 menit diperkirakan dapat membakar 200 kalori.

  1. Olahraga Kardio

Olahraga kardio adalah kegiatan olah tubuh yang bertujuan untuk memperkuat jantung dan paru-paru. Olahraga ini memiliki beberapa gerakan yang bisa dilakukan, seperti push up, squat, plank, bench dip, dan lainnnya. Variasi gerakan dapat dilihat melalui Youtube atau aplikasi olahraga.

  1. Dance Workout

Banyaknya video tutorial untuk dance workout di YouTube akan lebih mudah untuk melakukannya. Dance merupakan salah satu cara yang bagus untuk memicu detak jantung, meningkatkan ketangkasan, keseimbangan, kekuatan inti, daya tahan, serta tingkat koordinasi tubuh. Selain itu, dance workout dinilai memiliki daya tarik tersendiri sehingga gerakan dan koreografi yang diperlihatkan mengundang orang untuk ikut serta dalam melakukanya.

Tapi ingat, sebelum melakukan olahraga jangan lupa untuk melakukan pemanasan ya, Ultimates. Apakah Ultimates tertarik untuk melakukannya atau sudah ada yang mencobanya di rumah?

Penulis : Geiska Vatikan Isdy

Editor : Xena Olivia

Foto : Felisitasya Manukbua

Sumber : gadis.co.id, tempo.co, detik.com, alodokter.com, merdeka.com