Kandungan Skincare Berikut Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Kandungan Skincare Berikut Tidak Boleh Dipakai Bersamaan (ULTIMAGZ)
Kandungan Skincare Berikut Enggak Boleh Dipakai Bersamaan (foto: Pexels.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Ultimates, produk kecantikan menjadi komoditas yang digemari perempuan, terutama produk perawatan wajah. Hal ini didukung dengan perkembangan tren perawatan wajah dengan teknik layering yang menerapkan skincare berlapis-lapis dalam waktu bersamaan. Layering dipercaya membuat kulit lebih sehat. 

Namun,  ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan skincare wajah, karena ternyata skincare mengandung bahan-bahan yang tidak bisa dicampur dengan sembarang. Kandungan skincare ini justru bisa meningkatkan risiko kulit iritasi hingga mematikan manfaat kandungan skincare tersebut. Berikut adalah kandungan skincare yang tidak dapat digabung penggunaannya: 

  1. AHA/BHA dan Retinol 

Retinol, alpha hydroxy acid (AHA), dan beta hydroxy acid (BHA) adalah tiga kandungan skincare yang ampuh mengatasi berbagai masalah kulit. Namun, jika tiga bahan ini digunakan secara bersamaan dapat menyebabkan kulit wajah kemerahan, mengelupas, hingga iritasi. Terutama jika dilakukan pada kulit wajah tipe  kombinasi. 

2.  Retinol dan Vitamin C 

Retinol dan vitamin C merupakan dua kandungan yang baik untuk melawan tanda-tanda penuaan di kulit. Namun, menggunakan kedua bahan tersebut sekaligus ternyata akan membuat kulitmu mudah iritasi. Selain itu, kulit yang seharusnya jadi tampak lebih kenyal, malah akan membuat kulit jadi terlihat lebih tua karena reaksi yang terjadi. 

Jika Ultimates tetap ingin menggunakan dua bahan skincare tersebut Ultimates bisa menggunakan vitamin c pada siang hari dan retinol pada malam hari. 

3. Vitamin C dan Niacinamide 

Kedua bahan tersebut memiliki fungsi yang sama untuk menghilangkan bekas jerawat, mengatasi masalah pigmentasi, mengurangi kemerahan pada kulit, dan meratakan warna kulit. Namun, bila Ultimates menggabungkan keduanya, justru bisa membuat kulit jadi iritasi dan menimbulkan jerawat. Niacinamide bisa membuat vitamin C tidak bekerja sehingga membuat kulit jadi kemerahan dan breakout. Jadi, lebih baik pilih salah satu,  skincare dengan kandungan vitamin C atau Niacinamide.

4. Vitamin C dan AHA/BHA 

Kedua kandungan tersebut sama-sama membuat kulit tampak halus dan cerah. Namun, penggunaan AHA/BHA dan vitamin C jika dipakai secara berlapis justru berisiko menyebabkan iritasi serta menurunkan khasiat masing-masing kandungan skincare ini. Vitamin C mengandung banyak antioksidan yang melindungi kulit. Bila Ultimates menggabungkannya dengan AHA/BHA,  pH yang terdapat pada vitamin C dapat berubah sehingga fungsi antioksidan di dalamnya bisa hilang. 

Jadi, sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin C pada siang hari. Sementara itu, gunakan produk skincare AHA/BHA pada malam hari agar khasiatnya lebih efektif di kulit. Penggunaan AHA/BHA juga lebih baik digunakan 2-3 kali seminggu untuk mengeksfoliasi kulit ya, Ultimates

5. Oil based dan water based 

Seperti yang diketahui bahwa minyak dan air tidak bisa menyatu. Hal ini juga berlaku pada perawatan wajah. Formula skincare oil-based dapat menghalangi produk skincare water-based dalam penyerapan ke kulit sehingga tidak dapat bekerja dengan baik. 

 Nah, Ultimates itu adalah hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan bahan pada  skincare, memang agak tricky sih. Tetap gunakan skincare dengan bijak ya. 
 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: pexels.com 

Sumber: sehatq.com, beautynesia.id, gaya.tempo.co, womantalk.com 

 

 

e the 5th letter of the Roman alphabet More (Definitions, Synonyms, Translation)