Kenali Makanan dan Minuman Pemicu Stres

Salah satu minuman pemicu stres. (Ultimagz)
Kafein adalah salah satu minuman yang dapat memicu stres. (Foto: ULTIMAGZ/Frizki Alfian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres akan memicu respon tubuh, baik secara fisik atau mental.

Makanan kerap menjadi salah satu alasan sebagai pelarian saat stres, padahal beberapa makanan memiliki sifat meningkatkan kadar hormon kortisol yang bisa menyebabkan stres. Berikut adalah lima makanan dan minuman pemicu stres yang harus Ultimates hindari:

  1. Kafein

Kafein umumnya terkandung dalam teh dan kopi. Biasanya jumlah kafein pada kopi lebih besar daripada teh. Meskipun bisa meningkatkan suasana hati, asupan kafein yang terlalu banyak bisa menstimulasi sistem saraf. Hal ini akan merangsang sistem saraf yang menghasilkan detak jantung yang cepat dan meningkatkan tekanan darah.

  1. Alkohol

Sering kali alkohol diyakini sebagai minuman pelepas penat dan untuk relaksasi. Namun, nyatanya, alkohol dapat memproduksi hormon kortisol yang bisa menyebabkan stres. Penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago mengungkapkan, alkohol sebenarnya dapat memperpanjang perasaan tegang yang disebabkan oleh stres.

  1. Makanan Manis

Makanan yang mengandung gula, seperti es krim dan aneka jajanan tinggi kalori memang paling sulit dihindari ketika sedang stres. Ketika mengonsumsi makanan manis yang berlebihan tubuh tidak bisa menyerap seluruh pemanis buatan tersebut. Akibatnya, otak akan memproduksi lebih banyak kortisol untuk memancing rasa lapar kembali dan membuat semakin stres.

  1. Makanan dengan Sodium Tinggi

Makanan dengan kadar sodium yang tinggi bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah sehingga mengakibatkan stres. Hal ini disebabkan ketika terlalu banyak sodium dalam tubuh, cairan akan bertahan lebih lama di dalam tubuh dan akan membuat kerja yang ekstra pada jantung sehingga meningkatkan tekanan darah dan stres.

  1. Makanan dalam Kemasan

Makanan pemicu stres yang lain adalah makanan olahan yang terdapat dalam kemasan kebanyakan mengandung pengawet dan telah diolah menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak alami. Jenis makanan ini tidak baik untuk tubuh karena nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan stres tidak cukup. Sehingga tubuh dapat mengalami kesulitan untuk mengatur stres, sehingga sulit merasa lebih baik.

 

Ultimates, itulah berbagai makanan dan minuman pemicu stres karena sifatnya yang menyebabkan kenaikan kadar hormon kortisol. Sebaiknya Ultimates jangan mengonsumsi berlebihan.

 

Penulis: Geiska Vatikan Isdy 

Editor: Abel Pramudya

Foto: Frizki Alfian 

Sumber: kumparan.com , health.grid.id, lifestyle.bisnis.com, merdeka.com, alodokter.com