Kisah di Balik Hari Ayah Nasional

Foto: Pinterest
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Selain Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, di Indonesia juga ada hari untuk menghargai sosok ayah setiap tanggal 12 November.

Di Indonesia, Hari Ayah lahir atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama, dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Dikutip dari laman Kemdikbud.go.id, pada 2014 PPIP mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu dalam rangka memperingati Hari Ibu.

Dalam acara tersebut, sekitar 70 surat terbaik dibukukan dan dibacakan oleh peserta yang terdiri dari anak-anak usia SD, SMP, SMA, mahasiswa, serta masyarakat umum. Selesai acara, peserta yang antusias menanyakan kapan sayembara sejenis untuk ayah akan digelar.

PPIP pun berusaha mencari informasi tentang Hari Ayah. Salah satu upaya dilakukan dengan mengunjungi DPRD kota Surakarta untuk menanyakan kapan Hari Ayah di Indonesia diperingati. Mereka juga bertanya apakah seseorang atau lembaga boleh menetapkan sebuah hari untuk menjadi Hari Ayah jika hari tersebut memang belum ada. Namun sayang, mereka tidak mendapat jawaban yang memuaskan.

Setelah melalui proses yang panjang, PPIP menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia di Surakarta dan menetapkan tanggal 12 November sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan “Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya.”

Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu pula, diterbitkan buku berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah dengan judul ‘Kenangan untuk Ayah’.

Usai deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di empat penjuru Indonesia, yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote. Sejak itu, 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional.

Peringatan Hari Ayah di Indonesia sendiri dirayakan dengan memberi hadiah untuk ayah dan berkumpul bersama anggota keluarga lainnya. Jangan sampai lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada ayah tercinta ya, Ultimates!

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: lifestyle.kompas.com, tirto.id

Sumber gambar: pinterest.com