Korea Selatan Peringati Tiga Tahun Tragedi Kapal Sewol

Share:

KOREA SELATAN, ULTIMAGZ.com — Sebagai peringatan tiga tahun sejak tragedi tenggelamnya Kapal Sewol, masyarakat Korea Selatan berkumpul di Pelabuhan Mokpo, Kota Mokpo, salah satu pelabuhan terdekat terjadinya tragedi tersebut pada Minggu (16/04/2017). Peristiwa tragis yang terjadi pada 16 April 2014 lalu ini menewaskan lebih dari 300 orang, di mana korbannya merupakan murid-murid SMA yang sedang mengadakan fieldtrip.

Sebelumnya, Kapal MV Sewol mengalami kecelakaan saat sedang berada dalam perjalanan menuju Pulau Jeju dari Incheon, di mana kapal tersebut mengambil belokan yang cukup tajam hingga berada dalam posisi terbalik. Kecelakaan ini disebabkan oleh kelalaian Lee Jun-Seok, selaku kapten dari MV Sewol.

Selain itu, miskomunikasi antara awak kapal dan para penumpang juga menjadi salah satu penyebab tewasnya 300 nyawa tersebut, di mana mereka diminta untuk berdiam di kabin masing-masing hingga upaya penyelamatan datang. Namun, penyelamatan tersebut tidak pernah terdengar lagi.

Acara peringatan juga dilakukan di Pulau Jindo, Ansan, Incheon, dan Seoul. Perdana Menteri sekaligus Pelaksana Tugas Presiden Hwang Kyo-ahn juga turut hadir dalam peringatan yang diadakan di Kota Seoul untuk memberi dukungan terhadap keluarga para korban.

“Saya turut mendoakan para korban kecelakaan feri yang terjadi tiga tahun yang lalu, dan saya ingin memberi dukungan terhadap keluarga yang sedang berduka,” ujarnya.

Kyo-ahn juga memberitahu bahwa pemerintah telah memprioritaskan pencarian korban-korban yang masih hilang di tempat kejadian, termasuk dalam bangkai MV Sewol. Sementara itu, bangkai kapal dengan berat 6.800 ton tersebut telah berhasil diangkat setelah menjalani proses pengangkutan selama tiga tahun.

Peringatan ini juga turut diikuti oleh beberapa selebritis Korea Selatan seperti Bae Suzy, Song Hye-kyo, Lee Kwang-soo, dan lain-lain, yang mengunggah sebuah gambar pita atau perahu kecil berwarna kuning di media sosial untuk mengenang para korban serta memberi dukungan kepada keluarga korban.

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: hani.co.kr

Sumber: cnn.com, kompas.com, koreaherald.com, yonhapnews.co.kr, donga.com, soompi.com