Manfaat dan Cara Pintar Nikmati Cokelat

Ilustrasi dark chocolate (Foto: wartakota.tribunnews.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Cokelat sering dianggap tidak baik dan berbahaya bagi kesehatan. Sebab cokelat dapat menambah berat badan, diabetes, menimbulkan jerawat, hingga gangguan pencernaan. Namun, semua hal buruk itu terjadi bukan karena cokelat itu sendiri, melainkan konsumsi yang berlebih dan jenis cokelat pasaran yang tidak baik. Lalu, apa saja manfaat asli cokelat?

  1. Mengandung koka kaya akan antioksidan

Melansir dari alodokter.com, cokelat mempunyai kokoa sebagai kandungan utama. Kokoa mengandung zat flavanol yang memiliki efek antioksidan untuk menyehatkan jantung dan mengurangi kerusakan sel. Maka dari itu, tidak heran makanan atau minuman cokelat menjadi pilihan yang cocok untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Sebuah studi dari Universitas Texas di Austin menemukan bahwa atlet yang minum cokelat rendah lemak setelah latihan mengalami pemulihan yang lebih cepat ketimbang minuman karbohidrat.

  1. Baik bagi kulit

Nyatanya mengonsumsi cokelat dapat memperbaiki kulit. Kandungan flavonoid yang kaya antioksidan dapat berperan sebagai anti-aging alami untuk mengencangkan kulit tubuh jika diaplikasikan pada area kulit luar. Melansir dari kompas.com, beberapa penelitian membuktikan bahwa cokelat dapat melindungi kulit dari sinar UV berbahaya.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Diketahui bahwa mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Hal ini didapat dari hasil studi Universitas of New England pada 2014 menemukan konsumsi suplemen kakao tinggi flavonoid pada orang dewasa selama tiga bulan dapat membuat orang tersebut tampil lebih baik saat tes memori.

Untuk merasakan manfaat dan menikmati keaslian dari cokelat secara optimal, Ultimates perlu pintar dalam memilih, menyimpan, dan mengontrol asupannya. Selengkapnya, Ultimates dapat melihat infografis di bawah ini.

Infografik menegenai cara pintar menikmati cokelat (ULTIMAGZ/Vellanda)

 

Penulis: Vellanda

Editor: Nadia Indrawinata

Foto: wartakota.tribunnews.com, Vellanda

Sumber: alodokter.com, kompas.com, jagapati.com, bobo.grid.id, liputan6.com, lemonilo.com