Manfaat Konsumsi Alkohol dalam Jumlah Wajar

ilustrasi minuman beralkohol
Ilustrasi minuman beralkohol. (Foto: Thedailymeal.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com—Sesuatu yang berlebihan tidak akan berakhir dengan baik, begitu pula dengan terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol. Masyarakat telah menyematkan stigma negatif pada minuman beralkohol dan penikmatnya, terlebih lagi karena dampak-dampak yang mengikuti ketika seseorang telah berada di bawah pengaruh alkohol. Namun, ternyata mengonsumsi alkohol juga dapat membawa dampak baik bagi tubuh, lho.

1. Mencegah diabetes

Penelitian membuktikan alkohol dapat meningkatkan sensitivitas dan memaksimalkan kerja insulin. Perempuan yang mengonsumsi alkohol satu hingga dua gelas per hari terbukti mengalami penurunan risiko terkena diabetes.

2. Mengurangi lemak

Alkohol, khususnya anggur merah atau red wine, mengandung jenis polifenol flavonoid yang dapat membantu mengubah lemak jahat menjadi lemak yang lebih mudah terurai dan terbakar. 

Salah satu diet yang menggunakan bantuan anggur merah untuk menurunkan berat badan adalah sirtfood diet. Metode diet ini memungkinkan Ultimates untuk mengonsumsi anggur merah dan cokelat hitam dalam proses penurunan berat badan. Penyanyi Adele berhasil menurunkan berat badannya hingga 40 kg menggunakan metode diet ini, lho.

3. Kaya akan zat besi

Biasanya tubuh yang mudah merasa lelah, letih, dan lesu diakibatkan karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Dark brew beer atau bir hitam diketahui kaya akan zat besi yang dapat membantu membawa partikel oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Hal ini karena satu gelas bir hitam memiliki kandungan zat besi hingga 120 ppb (parts per billion).

4. Menurunkan risiko penyakit jantung

Alkohol dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, inilah yang membuat alkohol dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti serangan jantung. Dilansir dari hellosehat.com, penelitian dari Mediterranean Neurological membuktikan mengonsumsi bir dan anggur merah sewajarnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 25 persen.

Dilansir dari lifestyle.kompas.com, Komite Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Parlemen Inggris menyarankan untuk mengonsumsi alkohol berkadar 5% tidak lebih dari dua gelas untuk pria dan satu gelas untuk wanita per harinya. Mengonsumsi alkohol secara berlebihan tidak akan memberi manfaat bagi tubuh, bahkan dapat menimbulkan kerusakan hati, gagal jantung, stroke, dan lainnya.

Meski memiliki manfaat jika dikonsumsi dalam jumlah wajar, Ultimates juga dapat menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidur yang cukup. Selain minuman beralkohol, Ultimates juga dapat menemukan kadar alkohol alami dari beberapa makanan yang mudah ditemui sehari-hari.

Selengkapnya, Ultimates dapat membaca infografik dibawah ini.

Infografik makanan yang mengandung alkohol alami
Infografik mengenai makanan yang mengandung alkohol alami (Infografik: ULTIMAGZ/Thefanny)

 

Penulis: Thefanny

Editor: Nadia Indrawinata

Foto: Thedailymeal.com, ULTIMAGZ/Thefanny

Sumber: lifestyle.kompas.com, cnnindonesia.com, sehatq.com, hellosehat.com, alodokter.com