Self-Healing: Lima Kiat Sederhana Tenangkan Diri

self-healing
Mengisi jurnal, salah satu cara untuk self-healing. (Sumber: unsplash.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Bagi setiap orang, self-healing menjadi hal yang penting dalam menjalani kehidupan. Dikutip dari pijarpsikologi.org, self-healing adalah sebuah proses untuk menyembuhkan diri dari luka batin. Luka batin tersebut dapat bermacam-macam seperti kesedihan yang tidak berujung, merasa gagal, cemas terhadap sesuatu, dan bisa berujung pada seseorang bisa jatuh dalam depresi.

Tujuan dari self-healing sendiri adalah untuk memahami diri sendiri, menerima ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Ketika berhasil melakukan self-healing, seseorang akan menjadi pribadi yang lebih tegar dalam menghadapi kesulitan, kegagalan, dan trauma di masa lalu. Biasanya, seseorang akan memandang bahwa masalah yang ada dalam hidup dapat memberikan pembelajaran yang tidak diajarkan oleh siapa pun, melainkan diri sendiri.
 
Lantas, bagaimana caranya agar Ultimates dapat menerapkan self-healing dalam kehidupan sehari-hari? Berikut adalah lima hal yang dapat dilakukan.
 
1. Lakukan me time

Melakukan me time dapat memberikan kesempatan bagi seseorang untuk memikirkan dirinya sendiri terlebih dahulu. Sehingga, terlepas dari bagaimana orang lain memperlakukannya, orang itu masih dapat berbahagia. Saat seseorang terlalu sibuk memikirkan masalah hidupnya, terkadang ia lupa memikirkan diri sendiri.

2. Berdialog dengan diri sendiri

Bicaralah pada diri sendiri agar tahu apa yang sebenarnya diinginkan. Bersikap jujur terhadap diri sendiri lebih baik ketimbang melampiaskan segala perasaan buruk pada sesuatu. Satu-satunya orang yang mampu berbicara dengan lubuk hati terdalam adalah dirimu sendiri. Saat seseorang sudah mulai memahami dirinya, secara perlahan dia akan lebih bersyukur atas banyak hal yang telah diberikan dalam hidup ini.

3. Belajar meditasi dengan teknik grounding

Dilansir dari satupersen.net, meditasi dapat membantu seseorang dalam melakukan self-healing. Salah satunya dengan melakukan teknik grounding. Meditasi ini dapat Ultimates lakukan setiap pagi, sebelum memulai berbagai aktivitas harian. Mulailah dengan meletakkan kaki dengan nyaman di lantai, ambil tiga tarikan nafas yang panjang. Kemudian fokuskan pikiran dan perhatianmu hanya ke telapak kaki dan bayangkan dirimu menyatu dengan bumi. Hal ini dapat dilakukan berulang supaya dapat menenangkan diri sendiri.

4. Melakukan praktik berkesadaran (mindfulness)

Praktik berkesadaran atau mindfulness adalah berpikir dengan kesadaran yang penuh—mengelola pikiran, perasaan, dan lingkungan untuk menghubungkan titik-titik yang ada dalam pikiran kita. Memaknai setiap peristiwa dan kejadian yang pernah kita alami dengan lebih sehat. Mindfulness dapat meningkatkan kesadaran diri terhadap hidup dan menemukan makna hidup.

5. Buat jurnal pribadi

Buat jurnal pribadi dan isilah secara teratur. Tidak perlu memakan waktu lama, cukup 15 hingga 20 menit setiap harinya untuk merefleksikan keseharianmu. Ultimates juga bisa meningkatkannya sesuai kebutuhan. Melansir dari psychologytoday.com, menulis jurnal dapat meningkatkan kesadaran diri sekaligus memungkinkan Ultimates untuk memasuki pikiran bawah sadar agar diri merasa lebih baik.

Jika dirasa sulit untuk melakukan self-healing, Ultimates dapat mencari pertolongan dari tenaga profesional seperti psikolog atau psikiater. Semoga bermanfaat!

Penulis: Carolyn Nathasa Dharmadhi
Editor: Xena Olivia
Foto: unsplash.com
Sumber: pijarpsikologi.org, satupersen.net, psychologytoday.com