Maskot Kumamon Akan Segera Buka Akun Youtube

Maskot beruang asal Jepang, Kumamon akan segera debut menjadi youtuber pada 3 September mendatang. (Sumber foto: thejakartapost)
Share:

KUMAMOTO, ULTIMAGZ.com—Maskot asal Prefektur (Provinsi) Kumamoto, Jepang yang bernama Kumamon dikonfirmasi akan debut di situs berbasis video Youtube. Dengan mengambil peran sebagai seorang youtuber, maskot yang dibuat pada 2010 ini akan membagikan pengalamannya dalam bidang olahraga dan seni rupa.

Terdapat 40 video yang akan dirilis secara total, masing-masing berdurasi dua menit. Mulai 3 September mendatang, para penggemar dapat mulai menyaksikan episode baru setiap Senin di halaman resmi Youtube Kumamon. Video-video tersebut juga akan dilengkapi oleh teks terjemahan dalam beberapa bahasa, termasuk Inggris, Perancis, Jerman, Tiongkok, dan Korea.

Dilansir dari Kyodo News, episode pertama akan mengisahkan Kumamon yang diperintahkan oleh Kabashima sendiri untuk menjadi youtuber.

“Kami harap Kumamon dapat menjadi karakter yang disukai oleh masyarakat di seluruh dunia,” ujar Kabashima, seperti yang dikutip di Kyodo News.

Kumamon sendiri pertama kali dibuat oleh pemerintahan Kumamoto sebagai bagian dari kampanye turisme bertajuk Kumamoto Surprise. Kampanye tersebut bertujuan untuk mengajak wisatawan agar mereka dapat mengunjungi prefektur tersebut, terutama setelah pembukaan Shinkansen Kyushu, yaitu jalur kereta api berkecepatan tinggi yang beroperasi di antara kota Fukuoka dan Kagoshima.

Dikenal sebagai yuru chara atau ‘karakter bebas,’ Kumamon bukanlah sebuah karakter yang merupakan bagian dari komik atau kartun apapun, melainkan sebuah maskot di bidang turisme. Kendati demikian, maskot yang dideskripsikan sebagai beruang hitam dengan pipi kemerahan ini telah menjadi lambang bagi Kumamoto, terutama ketika Pulau Kyushu dilanda peristiwa gempa bumi pada 2016 silam dan ialah maskot yang digunakan untuk ‘memimpin’ dukungan bagi korban gempa. Hingga saat ini, popularitas Kumamon pun semakin menyebar tak hanya di Jepang, melainkan di seluruh dunia.

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Hilel Hodawya

Foto: thejakartapost.com

Sumber: bbc.com, english.kyodonews.net, thejakartapost.com