Memulai Pola Hidup Sehat dengan Cara Mudah

Membentuk pola hidup sehat dimulai dari kebiasaan - kebiasaan yang sederhana. (Hellosehat.com)
Share:

“Di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat,” Decimus Iunius Juvenalis     

Serpong, ULTIMAGZ.com  Aktivitas padat sering kali menjadi alasan banyak orang untuk  tidak memperhatikan kesehatan. Tak jarang pula, hal tersebut membuat kebanyakan orang mudah mengalami kelelahan, baik secara fisik atau mental.  Pola hidup sehat adalah salah satu cara yang membantu tubuh manusia untuk menjaga kondisi tubuh, sehingga dapat melakukan berbagai macam aktivitas. 

Gaya hidup sehat, tidak selalu perlu biaya mahal atau alat kesehatan modern. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk membentuk pola hidup sehat:

  1. Perhatikan Pola Makan

Tidak semua makanan memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh seseorang. Makanan dikatakan sehat, ketika mampu memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Dibandingkan memilih makanan cepat saji, cobalah perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk mengimbangi asupan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

  1. Rutin Berolahraga

Selain pemilihan makanan, pola hidup sehat juga harus didukung dengan berolahraga. Saat berolahraga, kalori yang ada dalam tubuh akan terbakar. Olahraga juga dapat melancarkan pembuluh darah, sehingga oksigen akan dengan mudah disalurkan ke seluruh tubuh. Dengan begitu, fungsi organ tubuh akan bekerja dengan baik. Selain baik untuk kerja organ tubuh, olahraga pun mampu membuat orang berada dalam suasana hati yang baik. Hal ini dikarenakan, hormon endorfin atau hormon yang memicu perasaan positif akan meningkat selama berolahraga. Jadi, supaya selalu sehat dan bahagia, jangan lupa rutin olahraga ya Ultimates

  1. Mengonsumsi Air Mineral

Tubuh manusia mengandung  60% air yang setiap harinya terkuras saat tubuh berkeringat, buang air kecil, atau pun bernafas. Pola hidup sehat bisa dicapai saat tubuh dapat mendukung kerja organ tubuh. Setidaknya, kita perlu mengkonsumsi air dua liter dalam satu hari untuk memenuhi kebutuhan air. Bukan hanya untuk mencegah dehidrasi, atau kekurangan cairan, mencukupi kebutuhan air juga mampu membuang racun yang dihasilkan organ vital tubuh.

  1. Waktu Tidur yang Cukup 

Seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University dan University of California mengatakan, tidur adalah kebutuhan yang paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat, seperti yang dilansir dari laman hellosehat.com. Efek tidur pada sistem kekebalan tubuh memengaruhi kemampuan seseorang untuk mencegah, atau bahkan melawan penyakit.

Itu tadi hal-hal dasar yang dapat dilakukan untuk memulai pola hidup sehat dengan cara sederhana, namun memiliki dampak yang besar bagi kehidupan seseorang. 

 

Penulis: Maria Soterini

Editor: Anindya Wahyu Paramita

Foto: Hellosehat.com

Sumber: alodokter.com, hellosehat.com, kompas.com.