Momoko Sakura Komikus Chibi Maruko-chan Meninggal Dunia

Momoko Sakura, komikus Chibi Maruko-chan menghembuskan napas terakhirnya karena menderita kanker payudara. (Foto: idntimes.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kabar duka datang dari dunia komik Jepang. Sakura Productions, perusahaan yang menaungi Momoko Sakura menyampaikan bahwa penggagas karakter Chibi Maruko-chan tersebut meninggal dunia dalam usia 53 tahun pada Senin (27/08/18). Penyebab kematian sang komikus yang meninggal pada 15 Agustus lalu yaitu kanker payudara yang sudah lama Momoko Sakura derita. Upacara pemakaman perempuan bernama asli Miki Miura itu telah digelar dan hanya dihadiri teman-teman serta keluarga dekat almarhumah.

Teman dan rekan kerja Momoko Sakura berduka atas kematian sang pengarang. Pengisi suara Maruko-chan yang dikenal sebagai Tarako mengungkapkan, “(Kematiannya) terlalu dini. Saya tahu ada banyak hal yang ingin dia lakukan.”

“Aku sudah lama tidak bertemu dengannya, Momoko-sensei yang aku ingat adalah perempuan kecil dan manis yang sama dengan wajah bulat dan wajah tersenyum. Yang bisa kulakukan kini adalah terus dengan sungguh-sungguh memberi napas kehidupan ke anak kelas tiga ini yang menjadi alter-ego Sensei,” lanjut Tarako.

Komik Chibi Maruko-chan sendiri bergenre slice of life dan komedi. Komik tersebut menggambarkan kehidupan anak SD bernama Momoko Sakura, dijuluki Maruko, dengan keluarga dan teman-temannya yang berlokasi di Kota Shizuoka pada pertengahan 1970-an.

Sementara serial TV animasi Chibi Maruko-chan mulai ditayangkan pada tahun 1990. Debut manganya rilis pada tahun 1984 dan dua tahun setelahnya dirilis bulanan oleh Ribon, majalah bulanan yang diterbitkan oleh Shueisha Inc. Chibi Maruko-chan mendapat banyak apresiasi dan disukai banyak orang, tidak hanya di tanah kelahirannya tetapi hingga mancanegara.

Menurut Shueisha, lebih dari 32 juta salinan manga telah dicetak. Sama suksesnya, lagu tema anime ini, yakni Odoru Pompokorin yang liriknya ditulis oleh Sakura juga telah terjual lebih dari 1,6 juta CD, menurut perusahaan statistik musik Oricon Inc.

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Sumber: idntimes.com, cnnindonesia.com, thejakartapost.com, japantimes.co.jp

Foto: idntimes.com