Nicholas Saputra Jadi Duta Nasional UNICEF

Aktor Nicholas Saputra dipilih sebagai Duta Nasional UNICEF (11/11/19). (Foto: www.unicef.org)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Aktor Nicholas Saputra dipilih sebagai Duta Nasional The United Nations Children’s Fund (UNICEF) Indonesia. Bermodalkan posisi barunya, Nicholas dikatakan akan mengadvokasi hak-hak anak dan menyuarakan isu-isu yang dihadapi oleh para pemuda Indonesia serta akan mulai bekerja pada Desember mendatang.

“Saya merasa terhormat diberikan kepercayaan sebagai Duta UNICEF di Indonesia. Saya terpanggil menjadi aktivis karena saya peduli akan masa depan bangsa Indonesia,” tutur aktor yang juga merupakan aktivis lingkungan tersebut, Senin (11/11/19). “Saya percaya untuk menciptakan dunia yang baru untuk anak-anak, kita harus memulai dengan memastikan [kebutuhan] setiap anak-anak Indonesia dipenuhi.”

Perwakilan UNICEF Indonesia, Debora Comini angkat suara mengapa UNICEF Indonesia memilih Nicholas. Menurut Debora, Nicholas memiliki komitmen yang kuat terhadap isu-isu sosial dan keinginan untuk menciptakan perubahan.

“Saya yakin, keberadaanya akan membantu memperkuat pekerjaan advokasi kami untuk hak-hak anak,” lanjutnya.

Untuk itu, Desember mendatang, UNICEF dan Nicholas akan bekerja untuk meningkatkan kesadaran terkait kebutuhan memperbaiki mutu layanan air dan sanitasi serta praktik kebersihan dasar. Dilaporkan, setiap tahunnya 150 ribu anak Indonesia meninggal karena penyakit yang dinilai seharusnya dapat dicegah. Penyebabnya tak lain adalah kualitas sanitasi yang rendah sehingga mengancam kesehatan dan perkembangan anak.

“Saya belajar banyak mengenai pentingnya sanitasi saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melihat kerja-kerja UNICEF di sana,” kata Nicholas. “Pengalaman itu membuka mata saya dan membuat saya ingin turut melakukan sesuatu karena setiap anak berhak untuk hidup di lingkungan yang aman dan bersih.”

Menurut Nicholas, masalah sanitasi yang terkecil adalah dari kebutuhan anak dan keluarga di rumah. Dimulai masalah tersebut, seharusnya anak-anak bisa diajakarkan untuk menjaga lingkungan yang lebih luas. Terlebih lagi, sanitasi menurutnya, merupakan bagian yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari sehingga mempengaruhi kualitas anak dari sisi kesehatan. Tentu saja pada akhirnya, orangtua dan pemerintah daerah juga sangat diperlukan mengetahui makna pentingnya sanitasi dan akses air bersih.

 

Penulis: Ignatius Raditya Nugraha

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Foto: unicef.org

Sumber: thejakartapost.com, antaranews.com, unicef.org