The Salesman Terima Piala Oscar Tanpa Kehadiran Sutradara

Anousheh Ansari membacakan surat pernyataan dari Sutradara The Salesman (Kevin Winter / Getty Images)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – The Salesman, film asal Iran, menerima piala Oscar untuk nominasi Foreign Language Film, Minggu (26/02/17) di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sayangnya, sang sutradara, Asghar Farhadi tidak dapat naik ke panggung dan menerima piala Oscarnya dikarenakan negara asal Farhadi masuk dalam daftar anti imigran berdasarkan peraturan dari presiden AS yang baru, Donald Trump.

“Maaf saya tidak bersama kalian malam ini, ketidakhadiran saya adalah untuk menghorati orang-orang dari negara saya dan enam negara lain,” ujarnya melalui pernyataan resmi yang disampaikan oleh insinyur Iran-Amerika, Anousheh Ansari, dikutip dari cnnindonesia.com

Farhadi, mengutip dari tweet @TheAcademy, menyampaikan bahwa para sineas, sebenarnya sudah berperan untuk menciptakan kualitas manusia dan mematahkan sterotip berbagai negara dan agama, lewat kamera mereka.

Film The Salesman sendiri bercerita tentang Emad dan Rana yang pindah dengan terpaksa ke sebuah apartemen baru. Kehidupan di rumah baru tersebut malah menimbulkan masalah karena terjadi kekerasan. Mereka berdua sepakat untuk tidak melaporkan ke pihak berwajib, namun sikap Rana berubah. Akhirnya, Emad menyelidiki kasus itu sendiri dengan niat ingin membalas dendam.

Film garapan Farhadi yang rilis pada 2016 ini berhasil menyingkirkan film-film di nominasi yang sama antara lain Land of Mine (Denmark), A Man Called Ove (Swedia), Tanna (Australia) dan Tony Erdmann (Jerman). Sebelumnya, Farhadi pernah memenangkan Piala Oscar juga dengan filmnya A Separation pada tahun 2012 lalu.

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Sumber: entertaiment.kompas.com, cnnindonesia.com