Waspada Kebiasaan Sepele Pemicu Kanker

Waspada Kebiasaan Sepele Pemicu Kanker
Meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur merupakan salah satu kebiasaan sepele yang dapat memicu kanker. (Sumber: Liputan6.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kanker merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat adanya mutasi sel-sel normal secara berulang. Hingga saat ini, kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Melansir wolipop.detik.com, terdapat satu dari enam orang yang meninggal karena kanker secara global. Data milik World Health Organization (WHO) pun menunjukkan bahwa terdapat 9,6 juta kasus kematian yang disebabkan kanker pada 2018. 

Secara umum, kanker dapat dipicu oleh faktor genetik dan lingkungan. Namun, ternyata terdapat perbandingan yang cukup signifikan di antara keduanya. Dilansir dari health.detik.com, pengaruh faktor genetik pada timbulnya kanker hanya sebesar 5-10 persen, sedangkan sisanya lebih dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kebiasaan hidup.

Hal tersebut menunjukkan bahwa pola hidup sehari-hari memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan tubuh manusia. Tanpa disadari, beberapa rutinitas yang kerap kita anggap remeh ternyata dapat menjadi penyebab timbulnya kanker.

Lalu, apa saja kebiasaan sepele yang dapat menjadi faktor pemicu kanker? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini! 

1. Tidur dengan ponsel di dekat kepala

Ilustrasi posisi ponsel dekat dengan kepala saat tidur. (Sumber: hot.liputan6.com)

Di era digital seperti saat ini, telepon seluler telah menjadi salah satu barang yang sangat diperlukan untuk menunjang kebutuhan hidup manusia. Karena itu, tentu tidak sedikit waktu yang kita habiskan untuk beraktivitas menggunakan ponsel, bahkan pada saat menjelang tidur. Akhirnya, meletakkan ponsel di area sekitar kepala pun menjadi kebiasaan yang kerap dilakukan.

Terkait hal ini, California Department of Public Health pernah mengeluarkan arahan untuk meminimalisasi paparan energi frekuensi radio dari ponsel. Hal ini dikarenakan frekuensi tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi otak manusia. Kebiasaan meletakkan ponsel dekat dengan kepala saat tidur dapat memicu timbulnya kanker otak. 

2. Tidur di depan televisi yang menyala

Ilustrasi tidur di depan televisi yang menyala. (Sumber: lifestyle.okezone.com)

Membiarkan televisi dalam kondisi menyala saat tidur juga menjadi hal yang tidak jarang dilakukan oleh sebagian orang, entah karena tertidur atau memang ingin suasana sekitarnya tidak terlalu sunyi. Namun, kebiasaan ini ternyata juga berbahaya jika terus-menerus diterapkan.

Sebuah studi yang dipaparkan dalam jurnal Environmental Health Perspectives menemukan bahwa cahaya buatan dari televisi ternyata bisa mengacaukan melatonin, hormon yang mengatur pola tidur seseorang. Jika terus dilakukan, hal tersebut dapat menyebabkan seseorang menderita kanker payudara dan kanker prostat.

3. Memanaskan sayuran hijau secara berulang

Ilustrasi sayuran hijau. (Sumber: suara.com)

Memanaskan makanan secara berulang mungkin merupakan kebiasaan yang kerap dianggap sepele dan tidak berbahaya. Hal ini justru sering dilakukan agar makanan tidak terbuang sia-sia. Akan tetapi, tidak semua jenis makanan aman untuk dipanaskan berulang kali. Beberapa di antaranya dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, salah satunya sayuran hijau.

Melansir halodoc.com, sayuran hijau memiliki kandungan nitrat yang cukup tinggi. Jika dipanaskan secara berulang, makanan ini akan melepas sifat karsinogenik yang memicu kanker.

4. Minimnya aktivitas fisik

Ilustrasi bekerja di depan komputer. (Sumber: sehatq.com)

Menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar komputer untuk bekerja merupakan hal yang sulit dihindari dari kehidupan manusia masa kini. Tanpa disadari, kondisi ini membuat minimnya aktivitas fisik, terlebih lagi jika tidak memiliki rutinitas berolahraga. Menurut penelitian, hal tersebut bisa menjadi penyebab munculnya kanker.

Konsultan nutrisi dari American Institute for Cancer Research Alice G. Bender mengatakan bahwa aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker, secara khusus kanker endometrium, kanker payudara pasca-menopause, dan kanker kolorektal. Tak hanya itu, studi juga menunjukkan bahwa orang yang minim melakukan pergerakan fisik dalam hidupnya cenderung memiliki risiko peradangan. Jika kronis, hal tersebut dapat berujung pada risiko kanker. 

5. Malas membersihkan make up sebelum tidur

Ilustrasi membersihkan make up. (Sumber: tribunnews.com)

Membersihkan riasan wajah sebelum tidur bisa menjadi hal yang sangat malas untuk dilakukan. Jika sudah dalam kondisi lelah dan mengantuk, aktivitas ini kerap dianggap remeh dan dilewatkan begitu saja. Padahal, membiarkan make up menempel pada wajah sepanjang malam dapat memberikan efek yang buruk bagi kulit.

Bahan kimia yang terkandung dalam produk make up dapat bereaksi langsung pada jaringan dan sel kulit wajah. Selain menimbulkan dampak ringan seperti penuaan dini, hal tersebut juga dapat menghasilkan dampak yang jauh lebih parah, yaitu kanker kulit.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang dapat menjadi faktor pemicu kanker. Hindari hal-hal tersebut dan selalu terapkan pola hidup sehat ya, Ultimates!

 

Penulis: Christabella Abigail Loppies

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Sumber: cnnindonesia.com, halodoc.com, jogja.tribunnews.com, wolipop.detik.com, republika.co.id, health.detik.com, lifestyle.kompas.com

Foto: liputan6.com, lifestyle.okezone.com, suara.com, sehatq.com, tribunnews.com