Daftar Stadion Alih Fungsi jadi Faskes Akibat Pandemi Corona

Faskes
Ilustrasi Stadion (Foto: Kumparan.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Stadion adalah sebuah tempat yang memiliki fungsi untuk menggelar pertandingan-pertandingan olahraga. Stadion juga terkadang dapat dialihfungsikan menjadi sarana untuk menggelar konser besar atau kampanye akbar. Kini, dunia sedang menghadapi pandemi virus korona. Efeknya, terdapat stadion-stadion di beberapa negara yang ‘disulap’ menjadi Fasilitas Kesehatan (FasKes) oleh pengelola stadion.

Hal ini terjadi karena masifnya penyebaran virus corona atau COVID-19 di dunia. Masih banyak pasien-pasien kasus virus korona yang belum mendapatkan perawatan dan pengobatan dari tim medis.  Berikut beberapa stadion yang beralih fungsi menjadi rumah sakit darurat dan fasilitas kesehatan lainnya.

  1. Stadion Santiago Bernabeu, Madrid.
    Santiago Bernabeu merupakan markas dari klub besar Madrid, Real Madrid FC. (Foto: realmadrid.com)

    Klub besar asal Madrid, Real Madrid, menyediakan stadion kebanggaan mereka, Santiago Bernabeu untuk dijadikan sebagai tempat pengadaan medis di Spanyol. Dalam hal ini, Real Madrid bekerja sama dengan Dewan Tinggi Olahraga Spanyol dengan tujuan membantu negara untuk memerangi wabah COVID-19.

    “Stadion Santiago Bernabeu akan disesuaikan untuk menjadi tempat menyimpan perlengkapan kesehatan untuk membantu memerangi pandemi ini,” bunyi pernyataan Real Madrid dikutip dari skor.id.

    Data menyebutkan, sebanyak 57.786 kasus positif virus korona terkonfirmasi, dengan 4.365 orang meninggal dunia karena wabah COVID-19 ini. Sementara data kasus di kota Madrid menyatakan terdapat 17.166 kasus terkonfirmasi positif COVID-19. 1.221 orang lainnya sedang dalam masa perawatan.

  2. Stadion Etihad, Manchester
    Tampak luar dari Stadion Etihad, Manchester (Foto: Goal.com)

    Klub kaya raya asal Inggris, Manchester City, juga ikut turut serta mengalihfungsikan stadion milik mereka, Etihad Stadium karena situasi genting ini. Bahkan , kabarnya pihak City yang langsung menawarkan stadion milik mereka kepada National Health Service (NHS) di Inggris.

    Disadur dari kompas.com yang mengutip laman resmi City, mereka ikut menyediakan fasilitas serta akomodasi bagi para volunteer NHS. Pekan ini, tercatat lebih dari 700.000 jiwa yang mendaftar untuk menjadi volunteer NHS. Stadion Etihad sendiri akan digunakan untuk pelatihan tim dokter dan perawat selama pandemi virus korona.

  3. Stadion Signal Iduna Park, Dortmund
    Tribun Yellow Wall di Signal Iduna Park, Dortmund (Foto: Kompas.com)

    Terbang ke Jerman, ada Borussia Dortmund yang ‘menyumbangkan’ markas kebesaran mereka, Signal Iduna Park yang digunakan untuk memerangi pandemi virus korona.

    “Signal Iduna Park merupakan simbol dari kota kami. Teknik, infrastruktur dan tata ruangnya menjadikan stadion itu sebagai tempat yang ideal untuk merawat pasien yang terinfeksi virus korona, kata CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, dilansir dari AFP dan dikutip dari kompas.com, Sabtu (04/04/20).

    Faskes yang berdiri di markas Dortmund tersebut akan menyediakan layanan pemeriksaan, pembuatan resep obat-obatan, dan perawatan pasien.

  4. Stadion Maracana, Rio de Janeiro
    Tampak isi dari Stadion Maracana setelah mengalami renovasi pada 2014. (Foto: Marcelo Santos/Rioonwatch.org)

    Brasil dan terkhususnya kota Rio de Janeiro juga mengalami dampak dari mewabahnya pandemi COVID-19. Oleh karena itu, pemerintah kota Rio de Janeiro memutuskan untuk menyulap venue Final Piala Dunia 2014 menjadi Faskes sementara.

    Dilansir dari kumparan.com, rumah sakit darurat itu akan dibangun di atas tempat parkir dan juga beberapa area dalam Stadion Maracana. Fasilitas yang akan tersedia berupa 400 tempat tidur. Fasilitas itu akan menjadi satu dari delapan fasilitas sementara yang didirikan di seluruh negara bagian Rio de Janeiro. Pembangunan fasilitas ini sendiri diperkirakan memakan waktu 10 hari lamanya hingga semua benar-benar siap digunakan.

 

Penulis: Frengky Tanto Wijaya

Editor: Xena Olivia

Foto: kumparan.com, realmadrid.com, goal.com, kompas.com, rioonwatch.org

Sumber: kompas.com, skor.id, kumparan.com, detik.com