Dikalahkan Thailand 2-4, Riedl Sayangkan Kelengahan Pertahanan Indonesia

Share:

BOCAUE, ULTIMAGZ.com – Hasil kurang baik diperoleh Tim Nasional Indonesia pada laga pertama grup A Piala AFF 2016. Pasalnya, Indonesia harus tunduk dari Thailand dengan skor 2-4 di Philippine Sports Stadium, Sabtu (19/11/16). Pelatih Indonesia Alfred Riedl berpendapat, kekalahan tersebut diakibatkan oleh gol-gol blunder yang merupakan dua gol pertama tim lawan.

Di babak pertama, Thailand unggul dua angka lewat gol yang dicetak oleh Peerapat Notchaiya saat laga baru berjalan lima menit dan Teerasil Dangda di menit ke-36. Dua gol tersebut terjadi lantaran kelengahan lini belakang Indonesia.

Bagi Riedl, hal itu sangat disayangkan dan seharusnya Tim Garuda tak mengalami dua kali kebobolan tersebut seandainya tampil lebih siap di lini pertahanan.

“Tim bermain bagus, tetapi kami kebobolan gol-gol gila. Pada babak pertama kami tak menyerah walau tertinggal 0-2,” ungkap pelatih asal Austria tersebut.

Usai tertinggal 0-2, Indonesia mampu menyamakan kedudukan pada awal babak kedua melalui tandukkan Boaz Solossa pada menit ke-53 dan Lerby Eliandry di menit ke-56. Namun sayangnya, mentalitas Thailand sebagai salah satu tim “raksasa” Asia Tenggara mampu menambah dua gol melalui Teerasil di menit ke-79 dan di masa injury time untuk memastikan kemenangan 4-2 atas Indonesia.

“Kami berhasil mencetak dua gol indah dan membuat pertandingan menjadi terbuka. Mungkin seharusnya kami hanya kalah satu gol, tetapi penampilan Thailand membuat mereka berhak meraih kemenangan,” tambah Riedl menanggapi penampilan tim lawan. 

Riedl akhirnya meminta anak asuhnya untuk segera melupakan kekalahan ini dan menatap ke pertandingan penyisihan selanjutnya agar mampu bermain lebih baik lagi pada laga melawan tuan rumah Filipina, Selasa (22/11/16).

“Kami telah memberikan nasihat dan memacu mereka agar bisa memberikan 100 persen kemampuan kepada negara. Tetapi, apa yang mereka tunjukkan hari ini tidak cukup. Pertandingan menghadapi Filipina akan sangat sulit. Tak ada pertandingan mudah dan kami sangat berharap laga kontra Filipina akan berlangsung menarik,” tutup pelatih yang membawa  Tim Merah Putih ke final Piala AFF 2010 ini.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: goal.com

Sumber: Juara.net