Indonesia Raih Empat Medali Emas dalam SEA Youth Athletics Championships 2019

Tim estafet putri Indonesia (atas) dalam upacara penyerahan medali setelah berhasil memenangkan lari estafet 4x100 meter putri SEA Youth Athletics Championships. Tim ini merupakan satu dari empat penyumbang medali emas dalam ajang olahraga se-Asia Tenggara tersebut. (Foto: kompas.com (dok. PB PASI))
Share:

ILAGAN, ULTIMAGZ.com – Dunia olahraga tanah air kembali dibanggakan oleh kemenangan di ranah internasional. Pasalnya, enam atlet remaja Indonesia berhasil meraih empat medali emas di ajang olahraga remaja se-Asia Tenggara, SEA Youth Athletics Championships 2019 di Ilagan, Filipina pada Minggu (03/03/19).

Pelari putri Erna Nuryanti menjadi penyumbang emas pertama melalui cabang olahraga (cabor) lari dengan nomor 100 meter kategori putri. Pelari berusia 16 tahun itu berhasil mencapai garis finis dengan waktu 12,08 detik. Kemenangannya ini juga merupakan suatu pencapaian baginya, mengingat ia pernah meraih medali perunggu pada 2018 dengan catatan waktu 12,18 detik.

Dua medali emas berikutnya datang dari cabor lontar martil dan cabor lari estafet 4×100 meter campuran. Dengan jarak lemparan sejauh 44,78 meter,  atlet Natasya Mahdalita mampu melewati jarak lemparan yang ditempuh oleh atlet asal Filipina, yaitu 26,83 meter.

Sementara itu, tim estafet campuran mengalahkan Thailand dengan catatan waktu 44,86 detik dan Malaysia dengan catatan waktu 45,12 detik. Tim yang terdiri atas Erna, Muhammad Ardiansyah, Raden Roselin Fikananda, dan Richo Richard Turner ini berhasil menyabet medali emas dengan waktu 44,86 detik.

Mengungguli Thailand di peringkat kedua dan Vietnam di peringkat ketiga, medali emas terakhir sukses diperoleh oleh tim estafet putri dalam cabor lari estafet 4×100 meter putri. Selain meraih peringkat pertama, mereka juga sukses mencatat rekor nasional dengan catatan waktu 46,60 detik.

Adapun atlet remaja Indonesia lainnya yang berhasil membawa pulang medali, yaitu Raden yang mendapatkan medali perunggu di cabor lari nomor 100 meter. Selain itu, tim estafet putra juga mendapatkan medali perak di nomor lari estafet 4×100 meter putra.

Mendengar kabar ini, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Tigor Tanjung mengaku senang atas pencapaian para atlet. Kendati demikian, Tigor merasa bahwa mereka dapat lebih berkembang berkat dukungan dari berbagai macam pihak, termasuk pemerintah.

“Pembinaan di tingkat remaja masih perlu ditingkatkan termasuk dalam hal dukungan finansial,” ujar Tigor seperti yang dikutip kompas.com. “Saya dengar Thailand mengirim tim remaja yang berbeda ke SEA Youth Championships & Asian Youth Championships.”

 

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: kompas.com (dok. PB PASI)

Sumber: indopos.co.id, jawapos.com, kompas.com