Iwan Bule Terpilih Mutlak Jadi Ketua Umum PSSI

Mochammad Iriawan atau Iwan Bule resmi menjabat sebagai Ketua Umum PSSI 2019-2023 setelah Kongres PSSI, Sabtu (02/11/19). (Foto: indosport.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Teka-teki penerus Edy Rahmayadi sebagai orang nomor satu Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terjawab sudah. Mochammad Iriawan atau yang lebih dikenal dengan nama Iwan Bule ini terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2019-2023 pada Kongres PSSI, Sabtu (02/11/19). 

Dalam penyampaian visi misinya, Iwan Bule menargetkan mampu membawa Indonesia ke ajang Piala Dunia 2026. Ia berencana untuk fokus pada pembinaan usia muda yang dinilai lebih modern.

“Pada tahun 2020, saya memulai modernisasi program pembinaan. Tahun 2021, Indonesia menggapai juara Asia Tenggara, tahun 2022 juara Piala Asia, dan lolos Piala Dunia 2026,” ujar Iwan Bule seperti dilansir dari footbal5star.com.

Sebelum mengajukan diri sebagai calon Ketum PSSI, Iwan Bule menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhamnas) sejak 8 Maret 2018. Sebagai perwira tinggi polisi, ia dikenal sering terlibat dalam reserse kriminal.

Salah satu kasus yang sempat membuat namanya terangkat ialah kala menangani kasus pembunuhan pengusaha Nasrudin Zulkarnaen yang juga melibatkan mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Saat itu, Iwan Bule sedang menjabat sebagai Direskrimum Polda Metro Jaya.

Dalam pencalonannya sebagai Ketum PSSI, Iwan Bule mengaku sudah mendapat izin dari petinggi Kapolri sebelumnya, Tito Karnavian. Ia menyatakan izin yang diberikan Tito berupa izin formal langsung dari yang bersangkutan.

“Yang pasti (ada izin) Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Tanpa seizin beliau, saya tentu tidak bisa seperti ini. Selanjutnya, pastinya Gubernur Lemhannas Agus Widjojo. Karena ini izin tertulis,” ucap Iwan Bule saat sesi tanya jawab dengan merdeka.com.

Iwan Bule sebenarnya bukan orang baru dalam dunia sepak bola. Ia sudah menjadi Dewan Penasihat PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) sejak 2009. Sejak itu, Iwan Bule juga menjadi pelindung di kepengurusan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat.

Iwan Bule mendapatkan suara mutlak sebanyak 82 suara dari total 85 pemilih. Ia mengalahkan 10 pesaing yang juga memperebutkan kursi panas Ketum PSSI. Hingga waktu pemilihan, hanya ada tiga calon tersisa termasuk Iwan Bule setelah calon lainnya mengundurkan diri karena dinilai kongres tidak mengikuti aturan.

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Sumber: kompas.com, football5star.com, merdeka.com

Foto: indosport.com