Kalah dari Suriah, Basket Putra Indonesia Gagal Rebut Peringkat 5-6

Pemain basket Indonesia Jamarr Andre Johnson melakukan lay-up pada pertandingan babak penentuan peringkat 5-8 Asian Games 2018 melawan Suriah di Hall A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/08/18). (Foto: Antara Foto/INASGOC)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Indonesia harus mengakui keunggulan tim basket putra 5×5 Suriah pada babak penentuan peringkat 5-8 Asian Games 2018 di Hall A Basket Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (28/08/18). Dengan skor akhir 76-66, Indonesia gagal memperebutkan peringkat 5-6 dan harus kembali berjuang melawan Jepang untuk mendapat peringkat ketujuh pada Jumat (31/08/18).

Suriah menunjukkan performa yang baik sejak awal permainan. Lima poin pertama berhasil mereka dapatkan tanpa balasan. Hingga pertengahan kuarter, Suriah terus melakukan serangan dan unggul 10-4 atas Indonesia. Beberapa kali tembakan tiga poin berusaha dilakukan Indonesia demi mengejar ketertinggalan, tetapi tidak satu pun berhasil masuk. Di akhir kuarter pertama, Suriah tetap unggul dengan perolehan skor 26-15.

Kuarter kedua, baik serangan maupun pertahanan Indonesia belum juga membaik. Dalam satu menit pertama, Suriah sudah berhasil menambah empat poin, sedangkan poin Indonesia belum bertambah. Poin-poin terus ditambah Suriah seiring dengan serangan mereka yang makin gencar.

Melalui lay-up, jump shot, dan tembakan tiga angka, Suriah semakin meninggalkan Indonesia dengan perolehan poin yang sama pada kuarter pertama, yakni 26. Sementara itu, Indonesia tertinggal jauh dengan perolehan 9 poin. Kuarter kedua berakhir dengan skor 52-24.

Indonesia berhasil bangkit sejak awal kuarter ketiga. Tembakan tiga angka dari Arki Wisnu dan dua tembakan bebas yang masuk dari Adhi Pratama menjadi awal baik bagi Indonesia. Motivasi tambahan muncul dengan dikeluarkannya center Suriah Abdulwahab Al-Hamwi setelah melakukan tiga kali pelanggaran sepanjang awal kuarter ketiga.

Indonesia terus berusaha menipiskan jarak lewat beberapa jump shot yang juga dibalas oleh poin-poin dari Suriah. Hingga akhir kuarter, Indonesia berhasil mengungguli Suriah dengan poin 17 berbanding 14. Namun, Indonesia tetap tertinggal cukup jauh dengan skor 66-41.

Kuarter keempat, Indonesia berusaha lebih keras untuk dapat menyamakan kedudukan. Hal tersebut terlihat dari akurasi tembakan yang semakin membaik dibandingkan tiga kuarter sebelumnya. Dua kali tembakan tiga angka dan sebuah lay-up Xaverius Prawiro pada pertengahan kuarter semakin mempersempit jarak skor dengan Suriah.

Hingga akhir pertandingan, Indonesia lebih banyak menguasai pertandingan. Indonesia berhasil mendulang 25 poin, sedangkan Suriah hanya menambah 10 poin pada kuarter keempat. Meski begitu, Suriah tetap unggul dengan perolehan skor 76-66.

Tarek Aljabi menjadi pemain Suriah dengan perolehan poin terbanyak, yakni 33. Sementara itu, Arki Wisnu dan Xaverius Prawiro menjadi pemain Indonesia dengan perolehan poin terbanyak, yakni 14.

Dengan kemenangan ini, Suriah akan melaju ke babak penentuan peringkat 5-6 melawan Filipina pada Jumat (31/08/18).

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Antara Foto/INASGOC