Kekalahan Jerman Lanjutkan Kutukan Juara Bertahan

(Sumber foto: Guardian.com)
Share:

KAZAN, ULTIMAGZ.com –  Perjalanan tim nasional (timnas) Jerman dalam Piala Dunia 2018 harus berakhir setelah dikalahkan oleh Korea Selatan dengan skor 2-0 di Kazan Arena, Rabu (27/06/2018). Kegagalan Jerman untuk maju ke babak berikutnya makin mempertegas kutukan yang membuat perjalanan juara bertahan harus berakhir di babak grup.

Pada tahun 2010, Italia mengalami kutukan tersebut setelah hanya mampu bermain imbang dua kali dan menderita satu kekalahan, yang membuat “La Nazionale” harus menempati posisi buncit di Grup F. Sebelumnya, Italia menjadi juara saat Piala Dunia 2006.

Hal yang sama juga terjadi pada Spanyol yang menjadi juara pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Berada di grup neraka bersama Belanda, Australia dan Cili membuat Spanyol tampil terseok-seok dan hanya mampu mengemas 3 poin di Brazil. 

Dengan predikat sebagai juara bertahan, tim asuhan Joachim Low membawa skuad yang tidak jauh berbeda dengan skuad Piala Dunia 2014. Hanya saja, ada pemain baru seperti Timo Werner yang dianggap bisa menggantikan sosok Miroslav Klose untuk menambah daya gedor timnas Jerman.  Kombinasi pemain senior dan muda ini menjadikan timnas Jerman banyak dijagokan untuk kembali menjadi juara di Piala Dunia 2018.

Pada laga awal babak grup, Jerman harus mengakui kekalahan dari Meksiko lewat gol tunggal dari Hirving Lozano. Tidak ingin pulang dengan cepat, Jerman bangkit saat berhadapan dengan Swedia usai menang secara dramatis dengan skor 2-1. Gol kemenangan ditorehkan oleh Toni Kroos lewat tendangan bebas pada saat injury time. Kemenangan ini membangkitkan asa bagi Jerman untuk lolos ke babak 16 besar.

Di laga terakhir, Jerman harus berhadapan dengan Korea Selatan. Peluang Jerman cukup besar untuk menang dalam laga ini mengingat Korea Selatan sama sekali belum mencatatkan satu kemenangan pun di Rusia. Kemenangan atas Son-Heung Min dan kawan-kawan menjadi harga mati untuk menyegel tiket 16 besar.

Secara mengejutkan, Korea Selatan mampu bermain bagus saat menghadapi “Der Panzer“. Mereka mampu bertahan dari serangan timnas Jerman yang menguasai bola sepanjang pertandingan.

Pada menit ke-92, Kim Young-Gwon membuka skor setelah menggetarkan gawang Manuel Neuer. Tim dengan 4 gelar juara dunia ini semakin dipermalukan dengan gol kedua yang dicetak oleh Son Heung-Min saat Neuer meninggalkan gawangnya untuk membantu Jerman menyerang pada menit akhir pertandingan.

Kekalahan ini membuat Jerman menjadi juru kunci di grup F dan mengakhiri ambisi mereka untuk mempertahankan gelar juara dunia. Ini juga merupakan pertama kalinya Jerman gagal lolos dari babak grup sejak tahun 1938.

 

Penulis: Adrianus Dwi Octaviano

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Goal.com, Kompas.com, Bundesliga.com, Standard.co.uk

Foto: Guardian.com