Manchester City Kembali Juarai Piala Liga Inggris

Manchester City
Phil Foden meraih predikat 'man of the match' setelah berhasil membawa Manchester City juara Piala Liga Inggris tahun 2020 (Foto : theguardian.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Usaha dari Manchester City untuk mempertahankan trofi juara Piala Liga Inggris berbuah sukses. Manchester City berhasil meraih gelar setelah sukses mengalahkan Aston Villa di Wembley Stadium, London pada Senin (02/03/20) dini hari. Gelar ini menjadi gelar yang ketujuh bagi The Citizens selama mengikuti ajang ini, terbanyak kedua di bawah Liverpool yang memiliki delapan gelar.

Sejak peluit pertama dibunyikan, City memiliki inisiatif untuk menyerang. Penguasaan bola yang dimiliki oleh The Citizens sebanyak 70 persen berbanding dengan The Villans yang hanya memiliki 30 persen. Gol pertama Manchester biru dicetak oleh Aguero, memanfaatkan assist dari Phil Foden di kotak penalti. Selang 10 menit melalui sepak pojok, Rodrigo dapat menyundul bola masuk ke dalam gawang yang dijaga oleh Orjan Nyland. Aston Villa menghasilkan satu gol memanfaatkan blunder yang dilakukan oleh John Stones. Anwar El Ghazi berlari menusuk ke area pertahanan dan memberikan crossing yang dapat dimanfaatkan oleh Mbwana Samatta menjadi gol. Skor pada babak pertama berakhir 2-1.

Memasuki babak kedua, Manchester City terus menggempur dan membuat Villa bermain di daerah permainannya sendiri. Beberapa peluang dari Foden, Aguero, Bernardo, dan Rodri masih dapat dimentahkan dan gagal berbuah gol. Lima menit sebelum laga bubar, Aston Villa mendapatkan sebuah peluang emas. Tandukan dari Bjorn Engels melayang di kotak penalti yang ditepis oleh Claudio Bravo dan mengenai tiang gawang, kemudian dibuang oleh Stones. Villa semakin meningkatkan intensitas permainan ketika memasuki menit-menit akhir, tetapi usahanya gagal membuahkan hasil. City tetap unggul dan berhak untuk menyandang juara bertahan kembali dalam ajang ini.

Dengan ini, Manchester City mampu mempertahankan Piala Liga Inggris untuk tiga musim secara beruntun. Gelar pertama mereka diraih pada tahun 2018 setelah mengalahkan Arsenal dengan skor 3-0. Gelar selanjutnya diraih the Cityzens pada tahun 2019 melalui adu penalti menghadapi Chelsea dengan skor 4-3. Kini, gelar ketiga secara beruntun diraih City setelah menghempaskan Aston Villa dengan skor 2-1. Pep Guardiola hanya gagal membawa City juara di ajang ini ketika musim pertamanya, dimana City takluk dari MU dengan skor 1-0 di babak 16 besar.

Final kali ini juga menjadi panggung tersendiri bagi Phil Foden. Pemain berusia 19 tahun tersebut terpilih menjadi ‘man of the match‘ dalam laga tersebut. Pemilik nomor punggung 47 tersebut mampu memberikan 1 assist kepada Aguero dan melakukan 5 tembakan ke arah gawang. Foden juga mampu memberikan 2 umpan silang ketika final. Dalam hal bertahan, pemain akademi City tersebut mampu memenangi 2 tekel, 1 intersep, dan 1 sapuan.

Bagi City, gelar Piala Liga Inggris ini menjadi pelipur lara dan suntikan moril untuk tim yang kini sedikit terpuruk. Selanjutnya, Manchester City ditunggu oleh Manchester United (08/03/20) lanjutan liga dan akan menjamu Real Madrid pada (14/03/20) mendatang2 dalam leg kedua 16 besar Liga Champions di Etihad Stadium, Manchester.

 

Penulis : Frengky Tanto Wijaya

Editor : Agatha Lintang

Foto : theguardian.com

Sumber : detik.com, bola.net, kompas.com