UEFA Larang Desain Jersey Ketiga Ajax Bertema Bob Marley

UEFA Larang Desain Jersey Ketiga Ajax Bertema Bob Marley (Ultimagz)
UEFA melarang Ajax menggunakan desain tiga burung kecil di jersey ketiga mereka yang merupakan bentuk penghormatan kepada Bob Marley. (Foto: adidas.co.uk)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Uni Sepak Bola Eropa (UEFA) melarang klub asal Belanda Ajax untuk menggunakan desain jersey ketiga mereka musim ini. Larangan itu dikeluarkan lantaran desain jersey tersebut menggunakan logo yang terinspirasi lagu Bob Marley “Three Little Birds.”

Dilansir dari apnews.com, yang dipermasalahkan UEFA dari jersey tersebut adalah logo tiga burung kecil yang terdapat di bagian belakang kerah leher. “Tiga burung yang menjadi penghormatan untuk lagu Bob Marley tidak mewakili identifikasi tim Ajax sebagaimana diatur dalam Pasal 13 peraturan peralatan,” tegas pernyataan UEFA dilansir dari apnews.com. UEFA juga menambahkan bahwa pihak produsen pakaian telah diberikan pilihan untuk menyesuaikan desain tersebut.

Akhirnya, pihak Ajax pun memutuskan untuk tetap menjual jersey tersebut bersama logo tiga burung yang sudah ada. Namun, ketika memainkan pertandingan, mereka akan mengenakan versi yang tidak memiliki logo tiga burung tersebut.

“Three Little Birds” sudah menjadi salah satu lagu favorit suporter klub asal Kota Amsterdam tersebut. Dilansir dari mirror.co.uk, kegemaran terhadap lagu tersebut muncul pada tahun 2008 ketika mereka sedang menjalani pertandingan persahabatan dengan Cardiff City. Para penggemar diminta untuk tetap berada di tempat duduk mereka. Seketika, lagu karya musisi asal Jamaika tersebut dimainkan.

Kegemaran suporter Ajax terhadap lagu “Three Little Birds” menjadi inspirasi bagi Ajax dan Adidas untuk merilis jersey ketiga yang bertema lagu tersebut. Dilansir dari situs resmi Ajax, english.ajax.nl, di bawah kerah jersey ketiga terdapat desain tiga burung kecil yang berdiri di atas tiga tanda silang yang merupakan logo Amsterdam.

Penjualan jersey tersebut pun laris manis. Buktinya, dalam sehari, stok jersey tersebut langsung ludes. “Sebuah rekor jumlah jersey terjual dalam satu hari. Jersey ini terjual setidaknya empat kali lebih banyak daripada jersey Ajax lainnya. Ini unik,” ujar Direktur Komersial Ajax Menno Geelen dilansir dari english.ajax.nl.

 

Penulis: Louis Brighton Putramarvino

Editor: Charlenne Kayla Roeslie

Foto: adidas.co.uk

Sumber: apnews.com, mirror.co.uk, english.ajax.nl