Manchester United Hadapi Crystal Palace di Final Piala FA

Share:

LONDON, ULTIMAGZ.com – Usai mengalahkan Everton secara dramatis dengan skor 2-1 pada laga semifinal Piala FA di Wembley Stadium, Sabtu (23/4), Manchester United akhirnya dipastikan akan berhadapan dengan Crystal Palace pada Mei mendatang di laga puncak. Palace juga dipastikan lolos ke final setelah mengalahkan Watford 2-1 pada Minggu (24/4), di stadion yang sama.

Pertemuan antara United dan Palace merupakan deja vu Final Piala FA pada 1990, di mana pada saat itu United berhasil muncul sebagai juara. Laga replay yang dilangsungkan di Wembley tersebut dimenangkan 1-0 oleh United berkat gol yang dicetak oleh Lee Martin, setelah sebelumnya bermain imbang 3-3 pada pertandingan pertama.

Pada saat itu, The Red Devils yang dilatih oleh Sir Alex Ferguson sukses merengkuh gelar Piala FA ketujuh mereka. Uniknya, dalam skuad yang ditaklukkan United saat itu, terdapat nama Alan Pardew sebagai salah satu pemain Palace. Kini, Pardew akan kembali menghadapi United pada final Piala FA seperti 26 tahun silam, hanya dengan menjalankan peran yang berbeda, yakni sebagai pelatih Palace.

Pada musim ini, kedua tim telah dua kali bertemu di ajang Liga Primer Inggris. Pertama kali adalah di Selhurst Park, markas Palace pada akhir Oktober 2015, di mana laga berakhir imbang tanpa gol. Terbaru, United sukses menaklukkan The Eagles 2-0 di Old Trafford pada Rabu (20/4) yang lalu.

Dalam enam pertemuan terakhir di liga semenjak Palace dipromosikan ke Premier League pada musim 2013/14, United mampu memenangi lima laga di antaranya. Menguntungkan untuk United, fakta menunjukkan mereka mampu sembilan kali menjebol gawang Palace pada enam laga tersebut, berbanding jauh dari Palace yang hanya mampu menjebol gawang United satu kali.

United lolos ke final Piala FA usai menaklukkan Everton 2-1 pada laga yang berjalan cukup ketat. Unggul lebih dahulu berkat gol Marouane Fellaini di babak pertama, “Setan Merah” hampir dipaksa melakoni babak perpanjangan waktu akibat gol bunuh diri Chris Smalling yang menyamakan kedudukan. Namun, gol Anthony Martial pada masa injury time memastikan kemenangan 2-1 untuk United dan mendekatkan mereka satu langkah lagi kepada gelar juara pertama dalam masa kepelatihan Louis van Gaal.

Palace melaju ke final untuk menantang United, setelah menang 2-1 atas Watford. Palace sempat unggul cepat lewat gol Yannick Bolasie di awal babak pertama, namun Watford menyamakan kedudukan melalui gol Troy Deeney, sepuluh menit dimulainya babak kedua. Tak perlu menunggu lama, gol Connor Wickham enam menit kemudian langsung memastikan kemenangan 2-1 untuk Palace dan mengantarkan klub asal London ini ke final.

Jika sukses menaklukkan United, ini akan menjadi gelar juara pertama Palace dalam 12 tahun terakhir. Terakhir kali Palace memperoleh juara, ialah pada 1994 sebagai kampiun Championship Division (Divisi Dua Liga Inggris).

Laga final Piala FA antara United kontra Palace akan dilangsungkan di Wembley pada Sabtu, 21 Mei 2016 yang akan datang.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: soccerpunter.com dan huntnews.id

Foto: theFA.com