Menilik Dunia Jurnalistik dalam Film Spotlight

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Kisah erawal dari seorang editor yang baru bergabung dengan surat kabar Boston Globe, yaitu Marty Baron (Liev Schrieber), yang tertarik untuk mengangkat kembali kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh pastor Geoghan di Boston, Massachusetts. Alasannya, Marty yakin bahwa tidak hanya pastor Geoghan, melainkan banyak oknum yang terlibat dalam kasus ini, serta korban yang tidak berani melaporkan.

Kemudian Marty mengutus anggota tim Spotlight yang berjumlah empat orang, yaitu Mike Rezendes (Mark Ruffalo), Sacha Pfeiffer (Rachel McAdams), dan Matty Carroll (Brian d’Arcy James) yang bertugas sebagai reporter, serta Walter Robinson (Michael Keaton) sebagai editor dalam tim investigasi tersebut. Tugas mereka adalah mengkaji ulang dan mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya dalam kasus ini. Menginginkan investigasi yang mendalam, tim ini membutuhkan waktu satu tahun untuk mengangkat semuanya ke permukaan publik.

Dan sesuai sifat skeptis dan insting Marty dan tim Spotlight, kasus pastor Geoghan yang melakukan pelecehan seksual kepada banyak anak di enam tempat yang berbeda selama lebih dari 30 tahun, hanyalah ujung dari gunung es kasus pelecehan seksual di Boston.

Film Spotlight mengangkat kisah nyata yang diinvestigasi surat kabar Boston Globe pada tahun 2002 silam. Kasus ini tergolong rumit dan juga sensitif, karena banyak aspek yang harus dipertimbangkan untuk diangkat kembali sebagai film.

Alur ceritanya pun sangat menarik. Kasus tersebut semakin berkembang, dan anggota tim Spotlight mulai melakukan investigasi kepada beberapa korban dan menemukan hal mengejutkan, hingga akhirnya menemukan sejumlah fakta mengerikan di kota Boston.

Jarang sekali film bertemakan jurnalistik yang menjadi sangat fenomenal seperti film Spotlight. Dengan menunjukkan sisi skeptis, kemanusiaan, dan perjuangan jurnalis, film ini juga patut dijadikan referensi tindakan jurnalis yang seharusnya. Dunia jurnalistik pun dijelaskan melalui cara kerja, sistem, dan data yang dipaparkan dalam film ini.

Bagi Ultimates yang ingin memahami sedikit dunia jurnalistik dan kasus pelecehan seksual di Boston pada tahun 2002, baiknya menonton film ini.

Penulis : Natalia Setiawan

Editor : Alif Gusti Mahardika

Foto : //www.itsalawyerslife.com/wp-content/uploads/2016/01/spotlight.jpg