Varane ke Manchester United, Transfer yang Telat 10 Tahun

Varane ke Manchester United, Transfer yang Telat 10 Tahun (Ultimagz)
Manchester United mengumumkan telah menjalin kesepakatan dengan Real Madrid untuk mendatangkan Raphael Varane pada Rabu (28/07/21). (Foto: sports.sindonews.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Manchester United mengumumkan telah menjalin kesepakatan dengan Real Madrid untuk mendatangkan bek tengah mereka, Raphael Varane pada Rabu (28/07/21). Pengumuman tersebut datang dari situs resmi mereka, manutd.com. Sebelumnya, United sebenarnya sudah menginginkan Varane sejak 2011 sebelum akhirnya ditikung oleh Los Blancos.

Musim panas 2011, The Red Devils baru saja meraih gelar Liga Inggris ke-19 mereka. Manajer mereka kala itu, Sir Alex Ferguson sedang mencari prospek bek tengah yang dapat dijadikan penerus duet Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic yang sudah mulai menua dan menurun kualitasnya. Salah satu nama yang diperhatikan Sir Alex adalah seorang pemuda asal Prancis, Raphael Varane.

Varane yang menjalani debutnya sejak umur 17 tahun di klub Prancis, Lens di musim 2010-11 berhasil menarik perhatian berbagai klub elit di Eropa. Varane memang gagal menyelamatkan Lens dari degradasi dan hanya mampu finish di peringkat ke-19. Namun, pria kelahiran Lille tersebut tetap diperebutkan banyak klub.

Manchester United juga merupakan salah satu klub yang serius mengamati Varane. Dilansir dari theguardian.com, United sering mengirim pemandu bakat mereka untuk mengamati Varane ketika dia bermain. United pun segera bernegosiasi dengan pihak Lens untuk mendatangkannya

Dilansir dari manchestereveningnews.co.uk, Ferguson mengaku negosiasi kelihatannya berjalan mulus dan CEO United, David Gill sudah membahas bagian terperinci dalam kesepakatan dengan Lens. Namun, direktur sepak bola Real Madrid kala itu, Zinedine Zidane mengetahui rencana United dan langsung membajak kesepakatan mereka dengan Lens. Varane yang baru berusia 18 tahun kala itu, akhirnya memilih untuk berlabuh ke Santiago Bernabeu dengan biaya 10 juta euro berdasarkan transfermarkt.com.

Pilihan Varane untuk membela El Real pun terbukti benar. Selama 10 tahun berkarier di Real Madrid, dia dipercaya untuk menjadi bagian dari pasangan bek tengah utama bersama Sergio Ramos. Di sana, Varane mencatatkan 360 penampilan dan menorehkan 17 gol dan 7 assist.

Berbagai macam gelar pun dimenangkan olehnya. 4 gelar UEFA Champions League, 3 gelar juara Liga Spanyol, 1 gelar Piala Spanyol, 3 gelar Piala Super Spanyol, 3 gelar UEFA Super Cup, dan 4 gelar FIFA Club World Cup mewarnai pencapaiannya bersama Los Blancos. Selain itu, dia juga berhasil menjuarai Piala Dunia 2018 bersama Prancis.

Sementara itu, Manchester United harus berpuas mencari pengganti Ferdinand dan Vidic yang tidak kunjung datang. Berbagai nama, seperti Jonny Evans, Chris Smalling, Phil Jones, Daley Blind, Marcos Rojo, Eric Bailly, dan Victor Lindelof didatangkan dan tidak satu pun dari mereka mampu memenuhi ekspektasi untuk menggantikan duet legendaris tersebut. Bahkan kapten mereka, Harry Maguire tidak kuasa ketika pasangannya di lini tengah pertahanan melakukan blunder yang mengakibatkan timnya kebobolan.

Varane memang datang 10 tahun lebih telat dari yang diharapkan oleh United. Namun, bagi klub yang sudah merasakan puasa gelar selama 4 musim tersebut, kedatangannya lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Kedatangannya di Old Trafford diharapkan dapat membantu meningkatkan standar lini pertahanan The Red Devils.

 

Penulis: Louis Brighton Putramarvino

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: sports.sindonews.com

Sumber: theguardian.com, manchestereveningnews.co.uk, transfermarkt.com