Poin-Poin Penting dalam Public Speaking

(Sumber foto: Thepinsta.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Dewasa ini, public speaking menjadi kemampuan yang wajib dimiliki setiap orang. Selain kerap digunakan saat melakukan presentasi di kelas, public speaking juga akan memiliki peran besar dalam dunia kerja kelak.

Public speaking sendiri memiliki teknik khusus yang bisa dipelajari. Maka dari itu, penting untuk mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan dalam penerapannya.

Berikut adalah beberapa poin penting dalam public speaking :

1. Intonasi

Intonasi merupakan tinggi-rendahnya nada bicara. Hal ini sangat penting dalam public speaking, sebab tinggi-rendahnya nada bicara dapat mempengaruhi makna pesan dan juga mempengaruhi suasana.

Nada tinggi memberikan kesan tegas, amarah, emosi, semangat, mendominasi, bersungguh-sungguh, dan serius. Sedangkan, nada rendah menciptakan kesan tenang, serius, sedih, pasrah, rahasia, lembut, hingga berwibawa.

Jangan sampai audiens salah tanggap karena intonasi yang keliru.

2. Vokal dan volume

Ketika sedang melakukan public speaking, berbicaralah dengan jelas dan lantang. Buka mulut lebar-lebar dan ucapkan setiap kata secara jelas. Biasakan memakai diksi yang tidak asing agar audiens mudah mengerti.

Volume suara juga dapat mempengaruhi suasana, naik-turunnya volume suara harus disesuaikan dengan pesan yang tengah disampaikan. Jangan sampai audiens terganggu dengan volume yang terlalu keras atau kebingungan karena suara yang terlalu kecil.

3. Pemilihan diksi

Pemilihan diksi atau kosa kata sangatlah penting kala berbicara di depan publik. Kenalilah audiens terlebih dahulu, sehingga kita bisa menentukan jenis diksi yang akan digunakan. Apakah harus menggunakan bahasa formal, bahasa sehari-hari, atau bahkan bahasa gaul, semua itu ditentukan dari audiens.

Jangan sampai mengucapkan kata-kata yang menyinggung satu pihak. Awasi juga kata yang bersifat ambigu atau memiliki banyak makna, sehingga audiens tidak salah paham.

4. Gestur

Gestur atau gerak tubuh merupakan komunikasi non-verbal yang sangat penting dalam public speaking lantaran dapat mempertegas pesan kepada audiens. Ketika berbicara di hadapan banyak orang, komunikasi non-verbal juga membantu audiens yang berada jauh dari pembicara/speaker untuk mengerti pesan yang disampaikan lewat gestur.

Ada baiknya gestur dilakukan secara sopan dan tidak berlebihan.

5. Mimik wajah

Mimik atau ekspresi wajah sangat penting dalam public speaking, karena ketika speaker sedang berbicara, pandangan audiens akan tertuju pada wajah speaker.

Jangan sampai mengeluarkan mimik wajah yang berlebihan. Biasakan untuk tersenyum, selalu bersikap ramah dan sopan.

 

Penulis: Theresia Bella Callista

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Thepinsta.com