‘Dumbo’ Versi Live Action Hadir di Layar Lebar

Salah satu adegan di flm "Dumbo" yang digarap oleh Tim Burton tahun 2019. (Foto: imdb.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Walt Disney Studios kembali mengangkat kartun klasik Dumbo yang dibalut dalam bentuk live action. Film gajah kecil bertelinga besar versi kartun tersebut telah rilis pada tahun 1941.  Dengan jalan cerita yang mirip, Dumbo versi live action tetap memiliki beberapa hal yang berbeda dengan versi kartunnya. Salah satunya yaitu dari lebih banyaknya peran manusia dalam film versi Tim Burto ini.

Dumbo mengisahkan seekor gajah kecil yang lahir di lingkungan sirkus Medici Brothers. Pemilik sirkus Max Medici (Danny DeVito) sangat menunggu kelahiran Dumbo. Holt Farrier (Colin Farrel) dan kedua anaknya, Milly (Nico Parker) dan Joe (Finley Hobbins) kemudian dipercaya untuk mengurus Dumbo yang memiliki telinga besar. Holt yang baru pulang dari perang dan kehilangan tangan kanannya pun mencoba untuk menyesuaikan diri di lingkungannya, terutama pada dua anaknya yang sudah lama tidak bertemu dengannya.

Sama seperti film produksi Disney lainnya, nilai hubungan kekeluargaan tersirat dalam film Dumbo ini. Salah satunya yaitu pesan untuk saling mendukung satu sama lain sebagai saudara dan orang tua, terutama dalam menggapai cita-cita. Selain itu, Dumbo juga mengajak penonton untuk saling mendengarkan dengan orang di sekitar.

Tim Burton dikenal dengan animasinya yang berbeda dari lainnya, seperti film garapannya Alice in The Wonderland dan Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children. Kali ini, Tim mengemas Dumbo dengan sentuhan animasi yang berpadu dengan dengan dunia nyata.

Namun, ada karakter dari versi kartun yang tidak terlibat dalam film live action ini, seperti teman tikus Dumbo, Timothy. Pada versi kartun, peran Timothy cukup sering muncul. Melansir dari washingtonpost.com, peran dari Timothy kini digantikan dengan Milly dan Joe. Pun, tidak ada hewan yang berbicara dan hanya fokus pada manusia di sekitar Dumbo.

Rotten Tomatoes memberi nilai 51%, dengan mengatakan bahwa Dumbo garapan Tim Burton bagus tetapi belum bisa mengimbangi versi kartunnya. Dumbo memperoleh nilai 52 di Metacritic.com dan 6.8/10 di situs imdb.com, lebih rendah dari versi kartunnya yang memperoleh nilai 7.3/10.

Dumbo sudah hadir di bioskop tanah air sejak Selasa (27/03/19) dan lulus sensor untuk ditonton semua umur. 

 

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: imdb.com

Sumber: imdb.com, Metacritic.com, rottentomatoes.com, washingtonpost.com