“Infinitely Yours”: Angkat Budaya Korea Selatan

Cover buku Infinitely Yours (Foto: goodreads.com)
Cover buku “Infinitely Yours”. (Foto: goodreads.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – “Infinitely Yours” merupakan novel bergenre romantis teenlit yang ditulis oleh Orizuka. Novel ini menceritakan perjalanan Rayan dan Jingga di Korea Selatan, negeri Gingseng yang terkenal dengan drama romantisnya.

Rayan, seorang arsitek yang kaku dan galak, bertemu dengan Jingga, seorang pencinta budaya Korea yang supel dan cerewet, dalam perjalanannya di Korea Selatan. Kepribadian yang bertolak-belakang ini kemudian bertemu dan menghabiskan waktu bersama, menantang terbuktinya wacana opposite attract yang selama ini bergema dalam kehidupan masyarakat umum.

Jingga yang saat itu menyangka Rayan adalah om-om, membawanya menjadi orang yang masuk ke dalam black list Rayan. Padahal, aslinya usia Rayan hanya berjarak tiga tahun lebih tua dari Jingga. Permasalahan ini membawa masalah baru, bagi Rayan yang menganggap Jingga itu pengganggu, sementara Jingga hanya bersikap polos dan mencoba jadi manusia baik.

Dari segi penokohan, Jingga dan Rayan berhasil digambarkan sebagai sosok yang sangat bertolak-belakang. Dilihat dari interaksi Rayan dan Jingga yang kebanyakan terisi dengan pertengkaran. Jingga  berhasil digambarkan sebagai seorang pencinta budaya Korea sejati, begitu pula Rayan yang digambarkan sebagai seorang manusia kaku yang galak.

Dari segi alur, “Infinitely Yours” mengangkat kisah romantis yang agak klise, tetapi memberikan warnanya sendiri. Kisah romantis khas novel teenlit ini membawa pembaca masuk ke dalam novel tanpa perlu bersusah payah, dilihat dari jalan ceritanya yang ringan dan mudah dipahami.

“Infinitely Yours” juga mengangkat budaya Korea Selatan dan industri kreatifnya dengan sederhana dan menarik, apalagi bagi Ultimates yang memang menyukai kebudayaan Korea. Latar tempat, artis, dan suasana yang dipilih merupakan hal-hal yang sering muncul dalam industri kreatif Korea, sebut saja artis Super Junior atau tempat ikonik Namsan Tower.

“Infinitely Yours” akan sangat dinikmati bagi Ultimates pencinta budaya Korea Selatan dan novel teenlit yang ringan dan mudah dipahami. Karakter yang segar dan mudah dicintai, serta jalan cerita yang lucu dan romantis menjadi kelebihan dari novel ini. Selain itu, novel ini akan cocok dibaca oleh remaja baru, terlebih yang baru mengenal soal cinta.

 

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena Vedasari

Editor: Xena Olivia

Foto: goodreads.com