‘Mantra-Mantra’ Memabukkan dari Kunto Aji

Solois pria Indonesia Kunto Aji, baru saja merilis album kedua bertajuk 'Mantra-Mantra'. (Foto: Metrotv.news)
Share:

Cukupkanlah ikatanmu, relakanlah yang tak seharusnya untukmu.

Yang sebaiknya kau jaga adalah dirimu sendiri. – Kunto Aji, Sulung.

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Solois pria tanah air Kunto Aji baru saja merilis album keduanya bertajuk ‘Mantra-Mantra’ pada Sabtu (14/09/18) silam. Dengan alunan musik pop dengan sentuhan RnB serta lirik lagu yang poetic, album ini sukses memabukkan para pecinta musik di Indonesia.

Terdapat sembilan lagu di dalam album ini yang akan membicarakan perihal kesehatan mental. Melansir dari CNNIndonesia.com, pria kelahiran Yogyakarta ini tak hanya membahas sisi depresi serta keinginan bunuh diri yang identik dengan masalah kesehatan mental. Di dalamnya, terdapat pula cerita permasalahan cinta, karier, dan permasalahan kecil lainnya yang kerap ‘membebani’ hidup.

“Isu yang saya angkat di album ini berkisah tentang mental health, tapi saya buat menjadi lebih spesifik ke salah satu poin dari mental health, yaitu tentang overthinker alias terlalu banyak mikirin ini itu. Hal ini kebetulan terjadi juga ke saya, makanya album ini rampungnya lama,” canda Kunto kala jumpa media di Juni Records, kawasan Bangka, Jakarta Selatan seperti dikutip CNNIndonesia.com.

Dalam proses penggarapan ‘Mantra-Mantra’, Kunto tak sendiri. Ia mengajak empat produser, yakni Ankadiov Subran, Petra Sihombing, Anugrah Swastadi, dan Bam Mastro untuk berkolaborasi di dalam albumnya ini.

Terkait isu kesehatan mental, pelantun lagu Terlalu Lama Sendiri ini hendak menyuguhkan sesuatu yang berbeda, yakni dengan menyelipkan frekuensi 396 Hz yang menurut penelitian mampu membuat para pendengarnya lebih optimis, bersemangat, dan merasa lebih baik.

Dalam ‘Mantra-Mantra’, Kunto memilih lirik yang cenderung pendek dan bergaya bahasa poetic. Hal ini yang membuat sembilan lagu di dalamnya menjadi lebih universal dan mampu diterjemahkan bebas dalam berbagai permasalahan hidup. Sembilan lagu dalam album barunya ini adalah Sulung, Rancang Rencana, Pilu Membiru, Topik Semalam, Rehat, Jakarta Jakarta, Konon Katanya, Saudade, dan Bungsu.

Tak hanya dari segi musikalitas, Kunto mempersiapkan visual album keduanya ini dengan sangat matang. Menggaet seniman kenamaan Indonesia Naufal Abshar, visual dari album ini sangat merepresentasikan isi dari keseluruhan album yang tetap memperlihatkan sang artis yang ada di baliknya.

 

Penulis: Diana Valencia

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: Metrotvnews.com

Sumber: CNNIndonesia.com