Mengintip Sistem Pendidikan yang Elit di ‘Sky Castle’

Drama Korea "Sky Castle" mengisahkan empat keluarga yang tinggal di kawasan elit bernama SKY Castle. Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi, terutama bagi anak-anak mereka demi mendapatkan reputasi yang tinggi di bidang akademik. (Foto: allkpop.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com—Ada kalanya orang berkompetisi untuk mendapatkan suatu pencapaian dalam hidup mereka. Baik dalam hal materialistis maupun spiritual, terkadang seseorang rela untuk melakukan apa saja demi mendapatkan pencapaian tersebut. Bagi para penghuni SKY Castle, menempuh pendidikan dan mendapatkan nilai akademik yang tinggi merupakan bentuk pencapaian mereka.

Disutradarai oleh Jo Hyun-tak, Sky Castle merupakan serial drama asal Korea Selatan yang mengisahkan kehidupan empat keluarga di sebuah perumahan privat nan elit bernama SKY Castle. Terdiri atas dokter dan pengacara lulusan perguruan tinggi paling bergengsi, yakni Seoul National University, masing-masing keluarga berlomba untuk mempersiapkan anak-anak mereka demi melanjutkan karier.

Perjuangan mereka tidak sepenuhnya berjalan dengan baik. Berbagai macam konflik mulai bermunculan di tengah upaya mereka merebut gelar tertinggi di dunia akademik. Kendati demikian, mereka akan melakukan apa saja demi mendapatkan masa depan yang menjanjikan. Baik untuk mereka maupun anak-anak mereka, mereka akan melakukannya walaupun harus ‘menghancurkan’ kehidupan orang lain.

Dalam budaya populer, ‘SKY’ sendiri merupakan singkatan dari tiga perguruan tinggi ternama, yaitu Seoul National University, Korea University, dan Yonsei University. Oleh karena itu, drama ini dianggap sebagai gambaran realistis sistem pendidikan yang ketat dan kontroversial milik Korea Selatan, terutama pada masyarakat kalangan atas yang bertujuan untuk masuk ke salah satu perguruan tinggi tersebut.

Meski cenderung diniliai tak masuk akal bagi penonton luar negeri, drama yang ditayangkan di saluran JTBC ini mampu meraih popularitas yang tinggi di Korea Selatan mengingat sebagian besar dari mereka telah mengalami keadaan yang serupa secara langsung.

Dibalut dengan genre drama komedi yang satiris, Sky Castle sukses memperoleh rating yang tinggi selama masa penayangannya. Setiap episode kerap menyajikan alur yang kuat dan menegangkan, serta kejutan yang membuat penonton ingin terus menyaksikan episode berikutnya. Di sisi lain, para pemeran juga menunjukkan kemampuan akting yang apik sesuai dengan karakter mereka masing-masing.

Penulis: Audrie Safira Maulana

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: allkpop

Sumber: koreatimes.co.kr