2 WNI Positif Corona, Ini Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi penyebaran virus corona.
Ilustrasi salah satu langkah pencegahan terkait penyebaran virus corona. (Foto: cnbcindonesia.com)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com  Pada Senin (02/03/20), Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang Warga Negara Indonesia (WNI) terkena virus corona. Jokowi mengatakan, penyebab dua terpaparnya 2 WNI karena mereka melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang mengunjungi Indonesia.

Seusai warga Jepang tersebut tiba di Malaysia, mereka teridentifikasi positif virus corona. Mendengar kabar tersebut, pemerintah langsung melakukan penelusuran. 

“Orang Jepang ini ke Indonesia, bertemu siapa dan ditemukan. Ternyata dia berhubungan dengan dua orang warga negara Indonesia. Seorang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Hingga saat ini, WNI yang dinyatakan positif corona sudah dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyampaikan, pemerintah sudah mengisolasi pasien di ruang khusus yang tidak ada kontak langsung dengan orang lain. 

“Terkenanya di rumahnya, rumahnya daerah Depok,” kata Terawan.

Terawan menambahkan, kedua pasien tersebut akan diobservasi selama 14 hari. Menurutnya, apabila kondisi mereka pulih, maka mereka akan dipulangkan. Kementerian Kesehatan RI juga telah menelusuri sejumlah warga yang melakukan kontak dengan dua pasien tersebut sebagai bentuk penanggulangan. Kendati sudah ada kasus corona di Indonesia, Jokowi berkata bahwa pemerintah sudah sangat siap menghadapinya.

“Pemerintah dari awal sudah siap. Kami punya rumah sakit, peralatan, dan Prosedur Operasi Standar (SOP) yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada,” jelasnya.

Masuknya virus corona (Covid-19) di Indonesia menjadi peringatan bagi Ultimates untuk tetap menjaga kesehatan dan kewaspadaan. Berikut ini merupakan langkah untuk mengurangi risiko terinfeksi virus corona yang bisa Ultimates lakukan. 

  1. Sering-seringlah mencuci tangan mereka dengan gosok berbasis alkohol atau air hangat dan sabun.
  2. Tutupi mulut dan hidung dengan siku atau jaringan yang tertekuk saat bersin atau batuk.
  3. Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam atau batuk.
  4. Cari pertolongan medis awal jika demam, batuk, dan kesulitan bernapas. Kemudian bagikan riwayat perjalanan dengan penyedia layanan kesehatan.
  5. Hindari kontak langsung dan tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan ketika mengunjungi pasar langsung di daerah yang terkena dampak.
  6. Hindari makan produk hewani (daging maupun telur) mentah atau kurang matang dan berhati-hati saat memegang daging mentah, susu, atau organ hewani untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah.

Terawan ingin menghimbau kembali kalau virus corona merupakan penyakit self limited disease atau penyakit yang dapat sembuh sendiri. Ia juga mengatakan, angka kematiannya sama dengan penyakit umum lainnya, yaitu 2 persen. Maka dari itu, Menkes berpesan agar warga tidak paranoid. 

“Dunia sudah semakin rasional dalam mengatasinya (infeksi virus corona). Jangan paranoid karena kalau kita paranoid, itu juga akan menyalahi prosedur dari WHO,” pungkas Terawan. 

 

Penulis: Ida Ayu Putu Wiena V.

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: cnbcindonesia.com

Sumber: cnbcindonesia.com, nasional.tempo.co, kompas.com, cnnindonesia.com, news.detik.com

  • sm

    tanggal dan harinya salah kayaknya nih