“This Is America” Buat Sejarah Baru di Grammy Awards

Donald Glover yang lebih dikenal dengan Childish Gambino membuat sejarah baru dalam Grammy Awards 2019, karena menyabet Song of The Year dengan lagu rap untuk kali pertama. (Foto: Billboard)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Rapper sekaligus aktor Childish Gambino atau Donald Glover memenangi penghargaan Song of the Year dalam Grammy Awards ke-61 di Staples Center, AS, Minggu (10/2/19). This Is America menjadi pencetak sejarah baru dalam Grammy Awards. Lagu yang dipopulerkan Childish Gambino ini menjadi lagu rap pertama yang dinobatkan sebagai Song of the Year dalam sejarah Grammy Awards.

Selain memenangkan Song of the Year, lagu ini juga menyabet piala dari kategori Record of The Year, Best Rap/Sung Performance, dan Best Music Video. Dengan lagu This Is America, Gambino mengalahkan Cardi B, Bad Bunny & J Balvin, (I Like It), Brandi Carlile (The Joke), Drake (God’s Plan), Lady Gaga & Bradley Cooper (Shallow), Kendrick Lamar & SZA (All the Stars), Post Malone feat. 21 Savage (Rockstar), dan Zedd, Maren Morris & Grey’ (The Middle).

Selain Gambino, Kacey Musgraves juga membawa empat piala Grammy. Musgraves unggul di kategori Album of The Year, Best Country Solo Performance, Best Country Song, dan Best Country Album.

Namun, Glover tidak hadir dalam ajang penghargaan musik Grammy Awards. Ia dikabarkan menolak tampil dan hadir dalam Grammy Awards tahun ini karena menilai ajang tersebut tak adil terhadap musik hip hop. Selain Glover ada beberapa artis yang tidak datang undangan Grammy yaitu Kendrik Lamar, Drake, Ariana Grande, dan Taylor Swift.

 This Is America adalah lagu yang ditulis dan diproduksi oleh Gambino dan Ludwig Göransson yang bercerita soal kehidupan kaum kulit hitam di Amerika. Lagu ini berisi sindiran-sindiran atau komentar dalam hati kaum kulit hitam yang mengalami kejadian tidak menyenangkan di negara Paman Sam.

Penulis: Theresia Amadea

Editor: Nabila Ulfa Jayanti

Sumber: entertainment.kompas.com, whnt.com, bbc.com, cnnindonesia.com, tribunnews.com

Foto: Billboard