Anjuran Menu Berbuka Puasa, Mengapa dengan Makanan Manis?

anjuran menu berbuka puasa (ultimagz)
Potret salah satu makanan untuk berbuka puasa. (ULTIMAGZ/Anisa Arifah)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Menjelang petang, makanan maupun minuman manis menanti Ultimates yang menjalankan ibadah puasa saat bulan suci Ramadan. Menu berbuka puasa juga biasanya tidak jauh dari kalimat, “berbuka dengan yang manis”. Namun, mengapa dianjurkan untuk berbuka dengan makanan manis?

Dilansir dari liputan6.com, dr. Kaseem Halmar dari University of Warwick menyarankan untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa guna mengembalikan kadar insulin sehingga dapat melanjutkan produksi energi. Apalagi setelah tubuh tidak mendapatkan asupan air dan makanan selama 13-14 jam, kadar gula darah dalam tubuh tentu akan menurun. Dr. Kaseem Halmar juga menambahkan bahwa meskipun berpuasa, tetapi tetap ada batasan dalam mengonsumsi makanan dan minuman yang manis, yaitu lima persen dari total jumlah asupan kalori harian setiap orang.

Makanan dan minuman manis juga lebih baik berasal dari gula alami, bukan gula buatan. Buah-buahan dan madu bisa menjadi pilihan terbaik saat berbuka puasa. Buah-buahan tidak hanya mengandung gula alami (fruktosa), tetapi juga kadar air yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, seperti semangka dan air kelapa.

Sementara itu berdasarkan artikel kompas.com, buah kurma dapat menjadi salah satu pilihan berbuka karena mengandung 70% gula. Perdana Sameketo selaku ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengatakan, lebih baik mengonsumsi kurma basah ketimbang kurma kering. Kurma basah adalah kurma muda yang perlu waktu 1-2 minggu untuk matang sedangkan kurma kering merupakan kurma yang sudah diawetkan agar tahan lama.

“Kurma basah ini per 100 gramnya memiliki kalori setengah dari kurma kering. Apabila tidak ada, barulah mengonsumsi kurma kering atau air,” jelas Perdana. 

Menurut Perdana, berpuasa adalah salah satu kesempatan untuk menurunkan berat badan dengan cara membakar cadangan lemak. Ia mengatakan apabila berat badan tidak turun saat selesai menjalani puasa, mungkin ada yang salah dengan cara berpuasanya.  

Selain itu, terdapat beberapa hal yang tidak dianjurkan saat berbuka puasa agar dapat menjaga kesehatan tubuh. Infografik di bawah ini akan membuat Ultimates lebih mudah memahaminya. 

infografik hal yang perlu dihindari saat berbuka puasa
Infografik mengenai hal yang perlu dihindari saat berbuka puasa (Foto: ULTIMAGZ/Thefanny).

Setelah mengetahui hal-hal yang dianjurkan saat berbuka puasa, semoga Ultimates yang menjalankan ibadah puasa dapat melaksanakannya dengan lancar hingga hari raya. Selamat berbuka puasa!

 

Penulis: Thefanny

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: Anisa Arifah, Thefanny

Sumber: kompas.com, liputan6.com, lifestyle.kompas, health.kompas, idntimes.com, popmama.com