Kucing Sphynx, Si Kucing Berbulu Tipis

Share:

SERPONG,ULTIMAGZ.com – Selain kucing berbulu lebat yang sering kita jumpai, ternyata ada ras kucing yang berbulu sangat pendek atau bahkan tidak berbulu sama sekali. Ras tersebut adalah kucing Sphynx.

Dengan bulu yang sangat tipis dan kerutan di sekujur tubuhnya, serta kedua daun telinga yang besar dan lebar, kucing ini tidak terlihat menggemaskan seperti kucing pada umumnya. Maka dari itu, sering disebut juga sebagai kucing alien. Nama Sphynx sendiri diambil dari patung Sphinx besar yang terletak di Mesir.

Kucing Sphynx merupakan hasil dari mutasi genetik dan dulunya bernama Canadian hairless. Kucing ini terdapat di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Maroko, Prancis, Meksiko, dan Australia.

Yang membuat kucing Sphynx berbeda dengan kucing ras lain adalah kerutan di tubuh kucing tersebut, khususnya di bagian kepala, badan, dan kaki. Kerutan terdapat lebih banyak di tubuh bayi kucing ras tersebut.

Meskipun tidak terlihat menarik dan tidak menggemaskan seperti kucing pada umumnya, hewan ini terbilang cukup langka dan mahal di Indonesia. Harganya berkisar mulai dari 3 sampai 30juta rupiah.

Perawatan kucing Sphynx juga tidak boleh mudah. Ia tidak bisa terlalu lama dibiarkan dalam ruangan ber-AC karena mudah terserang virus flu. Juga tidak boleh terlalu lama terkena matahari karena kucing ini memiliki bulu yang sangat tipis sehingga tidak ada lapisan perlindungan untuk kulitnya.

 

Penulis: Josephine Valencia

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: gadis.co.id, kucingkita.com

Foto: id.wikipedia.org