Gerai Pertama Tutup, Ini Perkembangan McDonald’s di Indonesia Sejak 1991

Potret McDonald's di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (ULTIMAGZ)
Potret McDonald's di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. (Foto: mcdonalds.co.id)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Kabar mengenai penutupan gerai pertama McDonald’s Indonesia datang dari keterangan resmi Direktur Marketing Communications Digital dan CBI McDonald’s Indonesia Michael Hartono pada Jumat (08/05/20). Ia mengakui bahwa gerai pertama rumah makanan siap saji yang berlokasi di Sarinah, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat ini memiliki peranan penting dan sangat bersejarah.  

“Kami menyadari restoran McDonald’s di Sarinah Thamrin ini merupakan salah satu restoran kami yang penting dan sangat bersejarah. Tidak hanya bagi kami, tetapi juga karena banyak kenangan yang tercipta di sana,” tambah Michael. 

Pasalnya, McDonald’s di Sarinah Thamrin menjadi tonggak bersejarah berdirinya rumah makan siap saji asal Amerika Serikat tersebut. Sejak pertama kali dibuka pada Februari 1991, Michael mengatakan, restoran ini meninggalkan kenangan indah dan telah menciptakan berjuta momen berharga. 

“Banyak konsumen kami yang memiliki pengalaman pertama bersama McDonald’s di Sarinah Thamrin dan sekarang mewariskan pengalaman itu kepada anak-anak mereka dengan tetap menjadi pelanggan setia McDonald’s Sarinah Thamrin,” tulisnya dalam keterangan resmi.

Meski begitu, gerai pertama McDonald’s di Indonesia ini sempat minggat dari Sarinah pada 2009. Namun, mereka kembali lagi ke Sarinah pada 2011 seusai melalui proses tender. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai perkembangan McDonald’s di Indonesia, simak infografik berikut ini. 

Infografik perkembangan McDonald’s di Indonesia. (Foto: ULTIMAGZ/Elisabeth Diandra Sandi)

Kini McDonald’s Sarinah Thamrin akan resmi ditutup secara permanen mulai dari Minggu (10/05/20) pukul 22.05 WIB. Permintaan untuk menutup gerai waralaba ini berasal dari manajemen Gedung Sarinah Thamrin pada Kamis (30/04/20). Alasannya karena manajemen Sarinah ingin merenovasi dan melakukan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah ini. 

Sebenarnya kabar mengenai renovasi Gedung Sarinah Thamrin sudah terdengar sejak Desember tahun lalu. Menteri BUMN Erick Thohir berkata bahwa ia ingin membuat Sarinah sebagai pusat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Rencananya peluncuran perubahan operasional ini akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2020. 

 

Penulis: Elisabeth Diandra Sandi

Editor: Andi Annisa Ivana Putri

Foto: mcdonalds.co.id, Elisabeth Diandra Sandi

Sumber: cnbcindonesia.com, tirto.id, kompas.com