KRL Commuter Line Rute Tanah Abang-Serpong Mengalami Gangguan Listrik

Kereta Commuter Line arah Tanah Abang-Serpong diberhentikan karena adanya perbaikan aliran atas Commuter Line yang tersambar petir. Kereta berhenti di antara Stasiun Kebayoran dan Pondok Ranji pada Selasa (11/12/18). (ULTIMAGZ/ Robin)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.COM – Layanan kereta rel listrik KRL Commuter Line rute Tanah Abang-Serpong mengalami gangguan listrik para Selasa (11/12/18) sore. Gangguan tersebut terjadi karena dimatikannya aliran listrik akibat petir yang menyambar listrik aliran atas. Adapun KRL Commuter Line yang diberhentikan adalah KRL yang tengah beroperasi dengan rute Kebayoran-Pondok Ranji.

Asisten Manajer Komunikaei PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Adli Hakim Nasution menerangkan bahwa gangguan ini bukan merupakan kesalahan teknis, melainkan karena adanya faktor eksternal yang tidak dapat dihindari.

“Itu karena tadi listrik aliran atas kan tersambar petir. Itu memang bukan karena gangguan teknis tapi memang dari kondisi eksternal yang tidak bisa kendalikan,” ujar Adli saat dihubungi via telepon.

Namun, Adli juga menjelaskan bahwa gangguan listrik ini sudah ditanggulangi dengan baik oleh pihak PT. Kereta Commuter Indonesia. Petugas memang tidak bisa langsung memperbaiki kondisi tersebut, karena itu listrik dipadamkan sementaea untuk bisa dilakukan perbaikan.

“Pukul 17.16 WIB sudah selesai. Cuma kan tadi banyak yang dibatalin, yang harusnya sampai Rangkas Bitung cuman sampai Parung Panjang,” ujar Adli.

Keterlambatan keberangkatan mengakibatkan adanya antrean panjang di sekitar stasiun. Selain itu, karena ketidakpastian waktu kereta akan kembali beroperasi, ditemukan penumpang yang memutuskan untuk turun dari rangkaian kereta dan melanjutkan perjalanan dengan transportasi lain.

“Itu kan kalau kereta mengakibatkan antrean, ini lagi proses penguraian antrian memang enggak bisa sebentar. Paling tidak membutuhkan waktu satu setengah jam lebih, karena inikan jadwal keretanya bagaimana, jadi kacau balau semua karena kejadian itu,” terang Adli.

Saat ini, KRL Commuter Line rute Tanah Abang-Serpong sudah bisa beroprasi seperti biasa.

 

Penulis: Fabio Nainggolan

Editor: Hilel Hodawya

Foto: Robin Colinkang