Kurangi Dampak Psikologis, Facebook Berencana Hapus Jumlah ‘Likes’

Facebook Inc berencana menghapus tampilan jumlah likes untuk menghindari dampak psikologis dan tekanan sosial dari penggunaan media sosial Facebook dan Instagram. (Foto: buysocialfan.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Facebook Inc berencana menghilangkan hitungan jumlah pada tombol suka (likes) pada setiap konten unggahan. Menurut Facebook, uji coba penghapusan tampilan jumlah likes dilakukan untuk mengurangi dampak psikologis dari penggunaan media sosial. 

Uji coba ini telah diterapkan pula pada Instagram di tujuh negara. Dilansir dari laman CNN Indonesia, Kanada menjadi negara pertama untuk uji coba ini pada April lalu. Dua bulan berselang, uji coba diperluas ke enam negara lain, yaitu Irlandia, Italia, Jepang, Brazil, Australia, dan Selandia Baru.

“Kami ingin pengikut (followers) Anda fokus pada apa yang Anda bagikan, bukan berapa banyak likes yang Anda dapatkan,” jelas pihak Facebook seperti yang dikutip dari laman TechCrunch, Senin (02/09/19).

Dengan pemberlakuan baru ini, pengguna tidak lagi bisa melihat jumlah likes di setiap unggahan, melainkan hanya daftar nama teman (followers) yang menyukai konten unggahannya. TechCrunch melaporkan, hal ini diberlakukan sebagai bentuk pencegahan Facebook agar para pengguna berhenti membandingkan jumlah likes yang didapat.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu menyebut, kebiasaan pengguna membandingkan perolehan likes bisa memicu tekanan sosial di media sosial. Bahkan, tak jarang pengguna menghapus unggahan dengan jumlah likes yang dinilai sedikit. 

Dikabarkan Facebook akan menerapkan sistem ini secara bertahap. Meski demikian, ketika ditanya tentang rencana perluasan uji coba sistem ini, Facebook menyatakan masih akan mengkajinya kembali. 

“Masih terlalu dini untuk memastikan apakah kami akan menguji cobanya secara luas,” tulis perusahaan penyedia platform media sosial itu, dilansir dari Republika, Selasa (03/09/19).

Melalui uji coba di tujuh negara, Facebook akan melihat dampak pemberlakuan tampilan baru ini terhadap jumlah pengguna dan iklan mereka. Hingga saat ini, Facebook masih menolak untuk membagikan hasil uji cobanya di Instagram.

 

Penulis: Anindya Wahyu Paramita

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: buysocialfan.com

Sumber: Republika, CNN Indonesia, TechCrunch