Menjawab Teka-Teki dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

(foto: imdb.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kabar baik bagi pecinta karya J. K. Rowling, sekuel dari film pertama seri Fantastic Beasts berjudul the Crimes of Grindelwald telah hadir di layar lebar Indonesia pada Rabu (14/11/18). Film ini pun akhirnya memberi jawaban untuk para pencintanya yang sudah menanti, misteri apa yang akan terjadi kepada tokohnya.

Sesuai judulnya, karakter Gellert Grindelwald yang diperankan (Johnny Depp), dikisahkan akan menjadi musuh dari karakter utama dalam film ini, Newt Scamander (Eddie Redmayne) dan rekan-rekannya. Berbeda dari film pertamanya yang berlokasi di New York, AS, Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald  menyuguhkan berbagai latar bertempat di Kota Paris, Perancis.

(foto: imdb.com)

Film diawali langsung dengan adegan menegangkan dimana Grindelwald melarikan diri dari tahanan MACUSA dengan menerbangkan sebuah kereta tahanan, sembari mengumpulkan pengikut dari kaum pure-blood untuk melaksanakan sebuah rencana rahasia. Cerita berlanjut berfokus pada Newt yang direkrut Albus Dumbledore (Jude Law) untuk mencari Credence Barebone (Ezra Miller) sebelum ditemukan oleh Grindelwald yang berkeinginan agar kaum pure-blood menguasai seluruh makhluk non-magis.

Hingga pertengahan film, alur disusun dengan rapi. Namun, beberapa plot twist di film ini seakan mengaburkan keseluruhan cerita. Pada akhirnya, sulit untuk mengikuti apapun yang terjadi dalam film karena hampir setiap adegan dilandaskan pada table-setting, bukan pada karakter atau pengembangan tema. 

Produksi dirasa tidak maksimal dalam pemanfaatan karakter akibat banyaknya kisah karakter yang ditampilkan. Beberapa karakter baru seperti Yusuf Kama (William Nadylam) dan Theseus Scamander (Callum Turner) yang sebenarnya menarik tidak mendapat cukup waktu untuk bersinar.

Berbagai makhluk-makhluk peliharaan Newt cukup menarikperhatian dan hadir sebagai penyegar, seperti bayi-bayi Nifflers lucu yang gemar mengumpulkan benda-benda berkilau dan Pickett– Bowtruckle yang menjadi sahabat setia Newt. Terdapat juga Zouwu, makhluk mitologi Tiongkok yang berwujud singa, namun terkadang berperilaku seperti kucing.

Film berdurasi dua jam 13 menit ini dinilai telah didesain lebih spesifik untuk dinikmati penggemar setia Wizarding World sehingga lebih sulit dipahami oleh penonton awam. Fantastic Beasts: the Crimes of Grindelwald diberi nilai 5,9/10 menurut Rotten Tomatoes, 57% oleh Metacritic, dan 8/10 oleh IMDb. 

Penulis: Maria Helen Oktavia

Editor: Ridi F Khan

Foto: imdb.com

Sumber: rottentomatoes.com, screenrant.com, forbes.com, bookmyshow.id, bobo.grid.id