Pentingnya Jaga Kadar Air dalam Tubuh

Potret air mineral yang sedang dituang ke dalam gelas.
Potret air mineral yang sedang dituang ke dalam gelas. (ULTIMAGZ/Titus)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Apakah Ultimates tahu bahwa seseorang hanya dapat bertahan selama 3 sampai 4 hari tanpa meminum air? Meski daya tubuh untuk hidup tanpa air seseorang berbeda-beda, tetapi kondisi tersebut tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan dehidrasi. Kekurangan air atau dehidrasi terjadi ketika air yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dibandingkan yang keluar. Maka dari itu, Ultimates harus menjaga kadar air di dalam tubuh.

Sebenarnya tubuh manusia membutuhkan sekitar 65 persen cairan dalam tubuhnya. Dilansir dari kompas.com, Ahli Gizi dari Universitas Gadjah Mada Perdana Samekto M.Sc. RD. mengatakan bahwa tubuh manusia akan lebih banyak mengeluarkan air pada suhu yang panas. 

“Jika suhu dingin bisa bertahan lebih lama karena jumlah air yang dikeluarkan lebih sedikit. Lain halnya apabila dalam kondisi panas atau di bawah terik matahari,” ujar Perdana.

Tidak hanya suhu, aktivitas dan kesehatan seseorang juga berpengaruh dalam berkurangnya cairan tubuh. Jika Ultimates melakukan pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan banyak tenaga seperti pekerjaan berat, berolahraga, bahkan beraktivitas di bawah terik matahari, pastinya akan mengeluarkan cairan lebih banyak. Sementara itu, faktor kesehatan tubuh yang dimaksud seperti demam, diare, penderita diabetes, ibu menyusui, dan perempuan yang sedang menstruasi akan lebih mudah kehilangan cairan tubuh.

Seseorang yang dehidrasi biasanya memiliki rasa haus, mulutnya yang kering, napas kurang sedap, mudah lelah, pusing, dan sakit kepala. Bukan hanya itu, frekuensi buang air kecilnya juga menurun serta warna urin menjadi lebih pekat dan berbau tidak sedap. Untuk melihat indikator seberapa tubuhmu mengalami dehidrasi, mari cermati infografik di bawah ini. 

Tingkatan warna urine yang menunjukkan tanda kecukupan air bagi tubuh. (Foto: Beritagar.id/Kiagus Aulianshah)

Jika tidak segera diatasi, dehidrasi berlebihan dapat menyebabkan sembelit, sesak napas, kehilangan kesadaran atau pingsan, dan tekanan darah rendah. Dehidrasi juga bisa membuat kita mudah marah, kebingungan, keram otot, menurunnya imun tubuh, dan melemahkan detak jantung. Untuk mengatasinya, Ultimates dapat mengonsumsi air secara berkala. Namun bukan hanya itu yang bisa dilakukan, infografik di bawah ini akan memberikan beberapa cara lain untuk tetap menjaga kadar air di dalam tubuh.

Infografik cara menangani dehidrasi
Infografik cara jaga tubuh agar tidak dehidrasi. (Foto: ULTIMAGZ/Thefanny)

 

Penulis: Thefanny

Editor: Elisabeth Diandra Sandi

Foto: Titus, Beritagar.id/Kiagus Aulianshah, Thefanny

Sumber: alodokter.com, halodoc.com, healthline.com, hellosehat.com, sains.kompas.com