Seminar 4live Soroti Masalah Kesehatan Pikiran dan Mental

Sutradara film "Ngenest" Ernest Prakasa menjadi pembicara dalam acara 4LIVE pada Jumat (9/11/2018) di Lecture Theatre UMN, Tangerang. Acara 4Live ini secara khusus membahas seputar kesehatan mental. (ULTIMAGZ/Harvey Darian)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Program kerja terbesar UMN Medical Center, 4live, mengadakan seminar bertema “Your Precious Mind” di Lecture Theater Gedung D Universitas Multimedia Nusantara (UMN) pada Jumat (09/11/18) lalu.

Tema “Your Precious Mind” diambil dengan alasan pentingnya pikiran bagi setiap orang dan dampak ‘kesehatannya’ bagi tubuh.

“Ada saatnya kita cuek sama omongan orang. Kritik itu ibarat jamu, pahit tapi ada khasiatnya. Jangan jauhi jamunya, biasain pahitnya,” kata Ernest Prakasa, komedian dan sutradara yang menjadi salah satu pembicara.

Selain Ernest, 4live juga menghadirkan dr. Kresno Mulyadi, SpKJ, psikiater dan pemerhati autisme dari Omni Hospital. Kresno yang hadir sebagai pembuka seminar lebih banyak menjelaskan tentang mekanisme otak dalam menghasilkan emosi dan interaksi sosial.

Di luar itu ia juga menekankan bahwa autisme dapat di sembuhkan, terlepas dari umur penderita.

“Autisme itu diambil dari kata auto, yang artinya ‘self’ atau ‘auto-centered’. Artinya, penderita autisme mempunyai imajinasi lain sehingga interaksi mereka dengan orang di sekitar tidak optimal,” tutur saudara kembar psikolog anak Seto Mulyadi itu.

Dengan tema besar Healthy and Positive Mind, seminar ini diadakan dengan harapan masyarakat dapat lebih mengerti akan pentingnya berpikir positif, serta signifikansi kesehatan mental dalam kehidupan setiap orang.

Para peserta sangat antusias saat diberi kesempatan untuk bertanya, baik kepada Kresno ataupun Ernest. Peserta yang mendapat kesempatan berbagi mengenai kerabat dan kenalan yang mengidap autisme kepada Kresno. Sementara kepada Ernest, para peserta banyak bertanya mengenai suka-duka karir ayah dua orang anak itu sebagai figur publik.

 

Penulis: Xena Olivia

Editor: Gilang Fajar Septian

Fotografer: Harvey Darian